Menjaga Stabilitas Keamanan dan Perdamaian, Indonesia Terus Bekerjasama dengan Papua Nugini

15
Menjaga Stabilitas Keamanan dan Perdamaian, Indonesia Terus Bekerjasama dengan Papua Nugini
Menjaga Stabilitas Keamanan dan Perdamaian, Indonesia Terus Bekerjasama dengan Papua Nugini

Papuadaily.id, Jayapura – Papua Nugini salah satu negara berpengaruh di Kawasan Pasifik, TNI aktif mengidentifikasi peluang kerja sama dan bantuan untuk mendukung upaya memperkuat diplomasi RI di Papua Nugini dalam rangka meningkatkan hubungan diplomatik dan kerja sama antar kedua negara, khususnya di bidang pertahanan dan perbatasan.

Kepala Badan Intelijen Strategis TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto belum lama ini menyerahkan langsung mesin pesawat CASA muilik angkatan pertahanan Papua Nuhini jenis CT 7 -9C yang berhasil diperbaiki.

“Papua Nugini berbatasan langsung dengan Indonesia. Diharapkan, momentum ini dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara TNI dan angkatan pertahanan Papua Nugini,” ujar Letjen TNI Joni Supriyanto, belum lama ini.

Pengiriman mesin tersebut menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU, A-1335 dari Skadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, yang diterbangkan Captain Pilot Mayor Pnb Fandi Abdillah Pulungan.

PNG merupakan anggota Melanesian Spearhead Group (MSG) yang merupakan perkumpulan negara-negara ras Melanesia dan Pacific Island Forum (PIF) yang beranggotakan semua negara-negara Pasifik.

Selama ini, TNI menjaga perbatasan antara Papua Nugini dan Papua. Warga Papua Nugini lebih sering berbelanja di wilayah Indonesia, khususnya yang tinggal dekat dengan perbatasan.

Jika melihat Papua Nugini dari menara suar yang terletak persis di perbatasan, kondisi pemandangan dari PLBN Skow itu sangat indah. Salah satu hasil Presiden Joko Widodo yang fokus pada pembangunan Indonesia bagian timur.

Dengan keindahan alamnya, maka potensi wisata yang sangat bagus di perbatasan RI-Papua Nugini. Di tempat itu masyarakat bukan hanya bisa memanjakan mata, tetapi juga dapat meningkatkan semangat nasionalisme mereka.

“Kerjasama akan terus dilakukan dalam memberikan kontribusi perdamaian dan stabilitas keamanan,” tegas Letjen TNI Joni Supriyanto.***