Melihat Pameran Karya Terakota di Majalengka

1

PAPUADAILY –Pameran yang menampilkan karya terakota dari belasan seniman resmi digelar di Majalengka, Jawa Barat. Pameran bertajuk Terracotta Triennale 2021 ini digelar di Jebor Hall Jatiwangi art Factory (JaF) Desa Jatisura, Kecamatan Jatiwangi.

Dalam pameran tersebut rupa-rupa karya terakota yang dibuat oleh belasan seniman dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara dikumpulkan untuk dipajang.

“Ini pameran seni Terakota seperti laporan kita ke publik Majalengka bahwa kita sedang mengeksplorasi tanah liat ini menjadi sesuatu yang lain dari genteng dan bata,” ucap Arif Yudi pendiri JaF Majalengka, Selasa (12/10/2021).

“Yang ditampilkan ada karya dari berbagai seniman di berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Yogya hingga Jerman dan Kanada juga ada,” kata Arif menambahkan.

Pameran ini juga diketahui merupakan rangkaian dari Festival Tahun Tanah yang merupakan hajatan besar tiga tahunan masyarakat Jatiwangi. Kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai ajang untuk mempresentasikan gagasan Kota Terakota sebagai salah satu perencanaan tata ruang di Majalengka.

“Sudah dicanangkan oleh Pak Bupati bahwa Majalengka itu akan menjadi Kota Terakota,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kurator Terracotta Triennale Ismal Muntaha menambahkan selain melibatkan seniman acara tersebut juga melibatkan kalangan arsitektur dan desainer.

“Kami juga mengundang kalangan lain ada arsitek dan desainer. Tujuannya untuk mengkaji dan menerjemahkan apa itu Kota Terakota. Jadi meski latarbelakang mereka beda tapi tujuannya sama, membuat karya dari Terakota,” ujar Ismal.

Menurutnya semua bahan baku untuk pembuatan karya yang dipamerkan menggunakan tanah liat yang berasal dari wilayah Jatiwangi dan sekitarnya. “Karya yang ada disini semua dari tanah liat, ada karya dalam bentuk skema, bentuk konsep, bisnis plan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Pameran Terracotta Triennale sendiri akan diselenggarakan hingga 11 Desember 2021 mendatang. Selain menawarkan karya-karya Terakota, ada juga kegiatan workshop dan simposiaun dalam acara ini.