Manfaat Jahe Merah, Immunomodulator yang Kuatkan Daya Tahan Tubuh

1

PAPUADAILY –Lonjakan COVID-19 dalam beberapa waktu belakangan di Indonesia mesti diwaspadai oleh setiap individu. Namun, masyarakat tak perlu panik asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh.

Protokol kesehatan dan kekuatan imun tubuh masih diyakini sebagai tameng terkuat untuk melawan COVID-19. Daya tahan tubuh yang kokoh bisa membuat orang yang terpapar memiliki gejala yang minimal atau bisa tanpa bergejala, juga mempercepat penyembuhan bagi pasien positif virus Corona.

Mengacu pada Panduan Gizi Seimbang di masa pandemi COVID-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kekuatan daya tahan tubuh akan membantu melawan virus, bakteri, dan organisme patogen lainnya.

Imun tubuh yang kuat terhadap penyakit bukan suatu keniscayaan. Setiap individu mesti menjaga pola hidup dengan mengonsumsi asupan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat cukup untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat.

Selain melalui pola hidup sehat, kekuatan imun dapat diperoleh dengan memberikan suplementasi pada tubuh. Ada berbagai bahan-bahan herbal di Indonesia yang berkhasiat bagi kekebalan tubuh, salah satunya jahe merah.

Kemenkes pun menganjurkan konsumsi bahan-bahan herbal, termasuk jahe merah untuk memelihara kesehatan di masa pandemi COVID-19. Adapun jahe merah, mengandung senyawa yang berkontribusi kemampuan immunomodulator seperti gingerol dan shogaol.

Imunomodulator merupakan zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Immunomodulator membantu memperkuat daya tahan tubuh, serta ikut melawan berbagai patogen seperti bakteri dan virus.

Sejumlah orang telah merasakan khasiat jahe merah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan untuk membantu pemulihan tubuh setelah sakit. Pemilik akun Instagram @deiiadeii salah satunya. Ia merupakan seorang pasien COVID-19 yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ia mengaku selama penyembuhan rutin mengonsumsi ramuan jahe merah, temulawak, sereh, kunyit dan madu setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk menyiasati kesulitan mendapatkan jahe merah, ia menyiasatinya dengan meminum Bejo Jahe Merah setiap pagi hari dan malam hari. Kebiasaan itu pun ia lakukan selama berada di Wisma Atlet Kemayoran.

@deiiadeii bercerita dirinya memiliki komorbid, sehingga ia termasuk kelompok yang berisiko mengalami gejala serius jika terpapar infeksi virus corona. Namun, @deiiadeii membuktikan ia mampu bertahan dan saat ini @deiiadeii sudah dinyatakan bebas COVID-19 setelah sempat dirawat selama 10 hari terhitung tanggal 28 juni 2021-7 Juli 2021.