Makin Brutal! KKB Serang 5 Helikopter di Papua, Dua Dihujani Tembakan saat Angkut Pasukan

6

PAPUADAILY – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kian brutal melakukan serangan dan menebar teror di Papua. Berbagai macam serangan dilakukan KKB Papua, terhadap warga maupun aparat keamanan. Tidak sedikit korban jiwa berjatuhan, dari warga sipil hingga prajurit TNI-Polri.

Selain itu, KKB Papua juga tak segan-segan melakukan serangan terhadap fasilitas umum. Seperti sekolah, bandara, hingga fasilitas kesehatan yang ada di wilayah-wilayah terpencil. Bahkan, KKB Papua tak segan-segan menyerang kendaraan Helikopter yang melintas di wilayah udara Papua.

Menurut pada kejadian sebelumnya, aksi KKB Papua menyerang Helikopter sudah terjadi sejak 16 Oktober 2019. Saat itu, KKB Papua yang bermarkasi di Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, menyerang helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service.

Beruntung, helikopter masih bisa melanjutkan perjalanan dan mendarat dengan selamat, meski diberondong tembakan oleh KKB Papua. Sang pilot pun langsung melaporkan aksi penembakan itu kepada aparat TNI-Polri.

Kemudian di awal tahun 2021, KKB Papua melakukan serangan ke helikopter di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, Mimika. Helikopter yang ditembak KKB Papua milik PT Freeport Indonesia. Helikopter tersebut ditembak ketika berada di atas ketinggian 1.500 kaki.

Akibat tembakan tersebut, helikopter mengalami kebocoran tangki bahan bakar. Pilot pun terpaksa mendaratkan helikopter di helipad Benangin. Diketahui, helikopter tersebut hendak melakukan survei GPS di dekat Kampung Tsinga.

KKB Papua kembali melakukan aksi penyerangan terhadap helikopter di Kabupaten Puncak, Papua. Diketahui, helikopter yang diserang KKB Papua saat itu tengah diparkirkan di Bandara Aminggaru, Ilaga. Pada malam hari, KKB Papua nekat melakukan pembakaran terhadap helikopter tersebut.