Mahfud Pastikan Papua Aman Terkendali, PON XX-Peparnas XVI Siap Digelar

1050

PAPUADAILY –Pasca penyerangan Posramil Maybrat, Menko Polhukam Mahfud MD memastikan bahwa kondisi politik dan keamanan di sana secara umum dalam keadaan baik. Ia juga menegaskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXdan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI di Papua siap digelar.

“Kita pastikan bahwa itu akan berjalan dengan baik. Saya selaku penanggung jawab di bidang keamanan sudah melakukan koordinasi secara rutin. Tadi baru mengundang Menpora, Ketua KONI, Mabes TNI, Polri, BIN, BSSN, termasuk EO nya, mereka presentasi bahwa semuanya siap,” kata Mahfud melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/9/2021). Dikutip Detik.com.

Mahfud menuturkan berbagai potensi ancaman telah diantisipasi, sehingga pelaksanaan PON dan Papernas yang menjadi marwah dan kehormatan negara atas kedaulatan Indonesia di bumi Cendrawasih itu diharapkan berjalan dengan baik.

Terkait peristiwa penembakan di Maybrat, Papua Barat, Mahfud mengatakan kejadian itu menjadi perhatian, namun tidak mempengaruhi PON dan Papernas.

Mahfud meminta semuanya dapat menerapkan dan mengikuti protokol kesehatan COVID-19 baik di dalam maupun di luar venue. Mahfud juga mengajak semua pihak untuk menjaga dan menyukseskan PON dan Peparnas.

“Karena situasinya masih dalam pandemi kalau terpaksa nanti ada protokol kesehatan yang ditegakkan di dalam seluruh venue yang menjadi tempat perlombaan, supaya dimaklumi dan supaya diikuti,” ujarnya.

“Kita tidak menghalang-halangi orang yang mau menonton tapi ada batasan-batasannya, batasan mengenai jumlah, mengenai jarak, antigen, atau PCR dan sebagainya sudah diatur dan disiapkan sebaik-baiknya. Mari kita jaga kerjasama, untuk memeriahkan PON dan Peparnas di tanah Papua, tanah kita semua, tanah kebanggaan Indonesia, di mana Indonesia juga menjadi tanah kebanggaan bagi orang-orang Papua,” sambungnya.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan kesiapan PON XX dan juga Papernas XVI, telah mencapai 99 persen. Sejumlah atlet dijadwalkan mulai tiba di Papua pada pertengahan September.

“PON akan resmi dibuka pada tanggal 2 Oktober. Tapi tanggal 20 September atlet-atlet sudah mulai berdatangan dan sejak saat itu keamanan dan kenyamanan sudah dipersiapkan oleh aparat, oleh panitia bahkan juga oleh pemerintah daerah Papua,” imbuhnya.***