Luhut Singgung Indeks Pemulihan COVID-19 RI Lebih Baik dari Singapura-Malaysia

2

PAPUADAILY –Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Hal ini terlihat baik dari sisi penambahan kasus harian dan angka kesembuhan juga jumlah kematian.

Dalam pemaparannya, Luhut juga menyinggung perihal indeks pemulihan COVID-19 di Indonesia yang lebih baik daripada negara tetangga.

“Recovery index yang dirilis oleh Nikkei menunjukkan peringkat Indonesia jauh lebih baik dari Singapura, Malaysia, dan Thailand,” katanya dalam konferensi pers PPKM, Senin (11/10/2021).

“Jangan terjadi lepas kendali, pertahankan kasus serendah mungkin dalam waktu lama dan konsisten. Jangan terlena dengan kondisi hari ini,” tegasnya.Meski demikian ia mengingatkan masyarakat agar tidak terlena dengan perbaikan kasus COVID-19. Terlebih ada risiko lonjakan kasus di masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Terkait infeksi pemulihan COVID-19, laporan Nikkei Asia menyebut Indonesia ada pada ranking 54 dari 121 negara dalam kategori indeks pemulihan COVID-19. Peringkat ini menunjukkan kesembuhan COVID-19 Indonesia disebut menduduki peringkat tertinggi di negara-negara Asia Tenggara.

Total skor tersebut merupakan akumulasi penilaian perihal manajemen infeksi, pemberian vaksin, dan mobilitas masyarakat selama pandemi COVID-19.