Luhut Bakal Audit LSM yang Sebarkan Berita Tidak Benar

2

PAPUADAILY –Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengancam akan melakukan audit terhadap non-government organisation (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia yang menyebarkan berita tidak benar. Luhut juga mengatakan pemerintah siap adu data.

“Yang bikin NGO-NGO ini dari mana data dia, kita kan yang membuat bukan hanya kita, internasional. Dan sekarang satelit itu kan nggak bisa dibohongin, maka NGO-NGO ini mau kita audit, jadi jangan menyebarkan berita berita nggak benar,” ujar Luhut saat ditanya soal peningkatan data deforestasi di Indonesia, dalam tayangan CNN Indonesia TV, seperti dilihat, Minggu (14/11/2021).

Luhut mengatakan pemerintah siap adu bukti dengan data LSM tersebut. Dia menegaskan lagi akan mengaudit LSM yang menyebarkan berita tidak benar.

“Sangat berani. Saya sudah bilang kita mau audit, ndak bener dong kamu, berikan berita yang nggak benar,” ujar Luhut.

Luhut kemudian memaparkan soal pengakuan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry yang menyebut deforestasi di Indonesia menurun.

“Yang ngakuin John Kerry aja ngakuin sendiri ke saya, Amerika itu ngakuin bahwa kita selama 4 tahun terakhir itu deforestasi kita menurun sangat baik. Saya ndak mungkin John Kerry itu hanya pakai data kita, kan dia pakai data internasional juga, data mereka,” jelasnya.