Lewat “Gebyar PON”, Kesiapan Papua sebagai Tuan Rumah PON XX 2021

2096

PAPUADAILY – Ketua Panitia Gebyar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua Otniel Deda mengatakan, pihaknya akan menggelar “Gebyar PON” sebagai bukti kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menggelar kegiatan ini.

“Akan ada sosialisasi kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON, gebyar nusantara dan hiburan. Ada dua artis nasional yang didatangkan, yaitu Kotak dan Ras Muhammad,” ujarnya Otniel di Jayapura, Kamis (17/6/2021).

Selain keduanya, akan ada pula penampilan dari sanggar kesenian yang mewakili lima wilayah adat di Papua.  Otniel menambahkan, pihaknya juga akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kami akan melaksanakan rapid antigen untuk panitia dan pengisi acara. Ini merupakan bukti kami serius menerapkan prokes,” katanya

Melalui penerapan prokes secara ketat, panitia akan menyiarkan langsung “Gebyar PON” melalui akun media sosial milik Panitia Besar PON Papua. Daftarkan email Otniel juga memastikan, kegiatan Gebyar PON sudah mendapatkan izin keramain dari Kepolisian Daerah Papua dengan syarat penerapan prokes secara benar dan ketat.

“Kami mohon maaf akan ada rekayasa jalan untuk menghindari kerumunan masyarakat,” kata dia. Adapun, Gebyar PON merupakan rangkaian kegiatan menjelang pembukaan PON dari Bidang Upacara PB PON yang akan diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Sabtu (19/6/2021).

Selain itu, kegiatan serupa akan dilakukan di Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Mimika yang juga menjadi klaster penyelenggaraan PON XX 2021.

“Untuk gebyar di tiga kabupaten akan dilaksanakan tiap satu bulan sekali untuk menunjukan kesiapan dari masing-masing klaster,” katanya.

Otniel menambahkan, kegiatan itu dilakukan untuk menunjukan kesiapan empat klaster penyelenggaraan PON dan sebagai bukti bahwa Papua sebagai tuan rumah siap menerima kedatangan kontingen-kontingen dari 33 provinsi se-Indonesia. Pelaksanaan PON XX 2021 direncanakan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke. Akan ada 37 cabang olahraga dan sepuluh cabang eksebisi yang dipertandingkan dalam PON XX.