Level PPKM Jawa Tengah Terbaru, Cek Selengkapnya!

0

PAPUADAILY –Level PPKM Jawa Tengah berbeda-beda di tiap daerah setelah pemerintah memperpanjang masa PPKM Jawa-Bali. PPKM sendiri diperpanjang sejak 7 September hingga 13 September 2021.

Dalam perpanjangan PPKM kali ini, ada perubahan daerah yang berstatus level 2-4. Presiden Joko Widodo menyatakan wilayah yang menjalankan PPKM level 4 terus berkurang.

“Level 4 dari 51 kabupaten/kota menjadi 25 kabupaten/kota. Level 3 dari 67 kabupaten/kota menjadi 76 kabupaten/kota. Level 2 dari 10 kabupaten/kota menjadi 27 kabupaten/kota,” tutur Jokowi dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Detik.com, Senin (30/9/2021) lalu.

Level PPKM Jawa Tengah: Nihil Level 4

Pada level PPKM Jawa Tengah terkini, tidak ada daerah yang menerapkan PPKM level 4. Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pun sudah mulai diselenggarakan.

“Sistem transportasi untuk anak-anak juga mesti dijaga. Orang tua saya minta nganter anak-anak. Yang sekolahnya dekat, jalan kaki atau naik sepeda. Pak Polisi saya mohon maaf, banyak anak SMA yang naik motor tapi tidak punya SIM, mungkin sementara bisa diizinkan. Tapi kalau orang tuanya lebih arif, sebaiknya diantar,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (7/9/2021).

Meski begitu, Ganjar mengingatkan masyarakat Jateng tidak terlena. Dia pun meminta masyarakat berhati-hati terhadap varian baru COVID-19, yakni Mu.

“Awas tren baru, ada varian Mu. Kita harus antisipasi. Maka kami sudah membeli alat tes whole genome sequencing untuk melakukan kontrol. Beberapa daerah sudah kami ambil sampel untuk mengecek apakah ada varian baru yang masuk Jateng atau tidak. So far sampai saat ini belum ada,” tuturnya.

Level PPKM Jawa Tengah kini sudah diketahui. Lalu, bagaimana penerapan PPKM di wilayah Jawa Tengah? Saat ini, daerah di Jawa Tengah menjalankan PPKM level 2-3. Berikut ini daftarnya.

 

Daftar Daerah PPKM Level 3 Jawa Tengah

  1. Kabupaten Wonogiri
  2. Kabupaten Sukoharjo
  3. Kabupaten Sragen
  4. Kabupaten Purworejo
  5. Kabupaten Purbalingga
  6. Kabupaten Magelang
  7. Kota Magelang
  8. Kota Tegal
  9. Kota Surakarta
  10. Kota Salatiga
  11. Kabupaten Klaten
  12. Kabupaten Kebumen
  13. Kabupaten Karanganyar
  14. Kabupaten Cilacap
  15. Kabupaten Banyumas
  16. Kabupaten Brebes
  17. Kabupaten Boyolali

Daftar Daerah PPKM Level 2 Jawa Tengah

  1. Kabupaten Banjarnegara
  2. Kabupaten Wonosobo
  3. Kabupaten Temanggung
  4. Kabupaten Tegal
  5. Kabupaten Rembang
  6. Kabupaten Pemalang
  7. Kabupaten Pati
  8. Kabupaten Kudus
  9. Kota Semarang
  10. Kota Pekalongan
  11. Kabupaten Kendal
  12. Kabupaten Semarang
  13. Kabupaten Pekalongan
  14. Kabupaten Jepara
  15. Kabupaten Grobogan
  16. Kabupaten Blora
  17. Kabupaten Batang
  18. Kabupaten Demak