Lakukan Anjangsana, Satgas TNI Yonif 611 Bantu Warga Perbatasan Buat Atap Honai dari Daun Sagu

1

PAPUADAILY –Melihat kesulitan warga, prajurit TNI Satuan Tugas Panmtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long melaksanakan anjangsana membantu warga perbatasan RI-Papua Nugini di Kampung Baidub, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Papua. Mereka membantu warga membuat atap honai atau pondok kecil rumah dari bahan daun sagu.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long Letkol Inf Albert Frantesca, M.Han dalam keterangan diterima, Minggu (29/8/2021) menyebutkan, melalui kunjungan kepada masyarakat personel Satgas TNI dapat belajar mengena adat budaya warga di perbatasan.

Kunjungan silaturahim satgas TNI Pos Bupul-12 dipimpin Letda Inf Nyoman ke rumah warga binaan di Kampung Baidub, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke sebagai upaya untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi dalam warga kehidupan sehari-hari, ujarnya.

Diakui dengan anjangsana ini juga warga bisa mengenalkan personel TNI terhadap tentang kebiasaan adat istiadat kebiasaan masyarakat asli Papua di wilayah perbatasan.

Bahkan setelah bertemu warga binaan, menurut Dansatgas, anggota TNI dapat melihat langsung aktivitas masyarakat di perbatasan RI-PNG, yaitu memanfaatkan hasil hutan berupa daun sagu yang dipergunakan untuk membuat atap rumah adat.

“Pada kegiatan anjangsana personel satgas TNI ikut juga membersihkan pekarangan lingkungan rumah warga agar terlihat lebih asri dan nyaman,”kata Dansatgas Yonif 611/Awang Long Letkol Albert Frantesca.*