Konsumen makin yakin pada prospek ekonomi 6 bulan ke depan

1

PAPUADAILY –Optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan terpantau menguat dari bulan sebelumnya.

Bank Indonesia (BI) mengatakan, ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Juni 2021 yang sebesar 124,4 atau naik dari 122,1 pada Mei 2021.

“Peningkatan didorong oleh seluruh komponen penyusunnya, terutama ekspentasi terhadap penghasilan,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, Jumat (9/7).

Erwin kemudian memerinci, ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan pada 6 buan yang akan datang terpantau menguat.

Ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Penghasilan Juni 2021 yang sebesar 129,2 atau naik dari 125,0 pada bulan sebelumnya.

Indeks tercatat menguat pada responden dengan pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 3 juta per bulan dan di atas Rp 5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, meningkat pada seluruh kelompok usia.

Kemudian, perkiraan konsumen terhadap ekspansi kegiatan usaha secara umum juga menguat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha yang tercatat 122,8 atau naik dari 120,9 pada Mei 2021.

Kenaikan indeks terjadi pada mayoritas kategori pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1 juta hingga Rp 3 juta pe rbulan. Sementara dari sisi usia, meningkat terutama pada responden usia di atas 60 tahun.

Sejalan dengan meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap penghasilan dan kegiatan usaha ke depan, responden juga memperkirakan adanya peningkatan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang.

Ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Lapangan Kerja Juni 2021 yang sebesar 121,2 atau naik dari Mei 2021 yang sebesar 120,3.

Berdasarkan tingkat pendidikan, keyakinan ini nampak pada responden dengan latar pendidikan pasca sarjana. Sementara dari kelompok usia, kenaikan terutama pada responden usia 31 tahun hingga 40 tahun.