KKB di Papua Jadi Salah Satu Tantangan Bagi Jenderal Andika Perkasa

3

PAPUADAILY –Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua akan jadi satu di antara tantangan lain bagi Jenderal Andika Perkasa saat menjabat Panglima TNI kelak. Hal ini dikatakan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Ia mengaku sangat mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Kurang lebih beliau satu tahun kedepan, waktu yang relatif singkat Pak Andika dihadapkan dari berbagai tantangan yang tidak ringan (persoalan KKB),” kata Gatot. Dikutip Tribun-Papua.com

“Terkait dengan dinamika lingkungan strategis, khususnya dengan dinamika yang ada di dalam negeri kita seperti masalah Papua,” ujarnya lagi.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan.

Syarief mengungkapkan di tangan Panglima TNI yang baru masalah krusial seperti KKB Papua harus diselesaikan.

Menurutnya, semakin lama, KKB Papua akan semakin mengganggu keamanan masyarakat.

“Yang paling krusial adalah masalah KKB di Papua. Ini kan semakin intensitasnya semakin tinggi dan semakin mengganggu. Ini harus ada ketegasan bagaimana cara mengatasi ini,” kata dia.

“Selama jabatan panglima yang baru, masalah Papua ini sudah harus selesai,” tambah dia.

Syarief pun meyakini apabila ada koordinasi bagus dan ketegasan dari pemerintah, serta strategi TNI dalam mengatasinya, masalah KKB Papua ini dapat diselesaikan. ***