Ketua MUI Papua Meminta Masyarakat Salat Idul Adha di Rumah

2

PAPUADAILY –Demi mencegah penularan virus Covid-19, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua, Syaiful Islam Al-Payage, meminta umat Muslim di daerahnya melaksanakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Dia mengatakan, keputusan tersebut untuk kebaikan bersama. MUI juga sudah mengeluarkan edaran agar umat Muslim tidak melakukan Sholat Idul Adha 1442 Hijriah di masjid atau lapangan. Begitu juga mengenai pemotongan hewan kurban pada momen tersebut.

“Keputusan itu diambil untuk kemaslahatan umat mengingat kasus Covid-19 saat ini terus mengalami kenaikan,” kata Al-Payage di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (17/7/2021).

Untuk pemotongan hewan kurban, dilakukan di rumah potong hewan (RPH) dan dagingnya didistribusikan langsung oleh panitia ke rumah warga masing-masing. Hal ini untuk menghindari adanya kerumunan massa di tempat tersebut.

Dia mengatakan, dalam surat tersebut juga disampaikan bagi umat Islam yang ingin melaksanakan Sholat Jumat dan sholat di masjid harus mematuhi protokol kesehatan.

“Semua kegiatan harus mematuhi protokol kesehatan ketat guna menghindari penyebaran virus yang sedang mewabah diseluruh dunia,” ujar dia.***