Kerang Unik di Kepulauan Kapotar

1

PAPUADAILY –Di Pulau Kapotar, terdapat spesies kerang endemik.  Bentuknya unik meski kurang menarik, tapi ketika dimasak rasanya nikmat luar biasa.

Pulau Kapotar merupakan pulau kecil memanjang di Kepulauan Moora, kawasan Teluk Cendrawasih, Nabire, Papua.  Karena bentuknya yang memanjang, pulau ini sering disebut dengan Pulau Panjang.

Pulau Kapotar sangat unik, walaupun kecil tetapi terdapat Telaga Mambekora di bagian barat daya pulau ini.  Air Telaga Mambekora itu sendiri asin. Telaga ini memiliki biota endemik yaitu kerang yang menempel pada dinding karang atau menempel pada kayu.  Warga lokal menyebutnya sebagai kerang tatoiri.

Sepintas bentuknya jelek tidak menarik.  Tetapi jangan salah, rasanya sangat gurih.  Jenis kerang ini tidak ditemukan di tempat lain, hanya ditemukan di Telaga Mambekora saja. Biasanya saat permukaan air telaga menurun, mama-mama dari Pulau Mambor akan mencari kerang ini, mereka menyebut kerang ini dengan nama tatoiri.

Untuk membuka cangkang kerang yang agak keras maka digunakan pisau kecil.  Kerang tatoiri ini awalnya lauk utama, tetapi kini hanya sebagai makanan selingan.