Kemlu Dukung Penguatan Kerja Sama Indonesia-Singapura

0

PAPUADAILY –Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mendukung penguatan kerja sama pemerintah Indonesia dengan Singapura. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, hal ini penting untuk saling membantu menangani pandemi, pemulihan ekonomi, serta untuk memastikan lingkungan yang tetap damau dan stabil.

“Kekuatan kemitraan kita melampaui angka. Pandemi Covid-19 menunjukkan sejauh mana solidaritas kita. Dukungan pemerintah dan masyarakat Singapura untuk upaya pemilihan pandemi di Indonesia benar-benar kami apresiasi,” kata Retno, Kamis (26/8/2021).

Hal ini disampaikan dalam pertemuan virtual Adinata Award yang disiarkan secara virtual, digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura di Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan kepada individu maupun institusi Singapura yang dinilai telah secara signifikan memberikan kontribusi dalam upaya penguatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Singapura.

Kedua negara memiliki rekam jejak yang kuat, di antaranya kerja sama perdagangan, pariwisata, investasi, dan pendidikan. Di bidang investasi misalnya, Singapura secara konsisten menjadi investor asing terbesar di Indonesia, bahkan selama pandemi.

Relasi yang berkembang ini juga tercermin pada masyarakat dan kalangan bisnis kedua negara. Salah satunya kerja sama pemerintah Indonesia dengan Temasek Holdings, perusahaan investasi yang dibawahi oleh pemerintah Singapura.

“Saya berharap komitmen jangka panjang Temasek dalam mendekatkan masyarakat kita dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak,” imbuhnya.

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan menekankan hal yang sama. “Singapura dan Indonesia memiliki hubungan khusus, lebih dari hubungan formal. Kekuatan hubungan tersebut adalah semangat, spontanitas, dan energi dari interaksi antara masyarakat, bisnis, dan institusi kedua negara,” ujar Vivian.

“Di tengah Covid-19, kita saling mengulurkan tangan kepada yang lain yang membutuhkan. Dan teman yang ada saat kita butuhkan adalah teman sejati,” ungkapnya.

Menurutnya, pertukaran ekonomi kedua negara terus tumbuh meskipun di tengah pandemi. Temasek, salah satunya, telah bermitra dengan perusahaan seperti Tokopedia, Halodoc, dan Social Bella yang siap untuk berkembang di tengah revolusi digital yang sedang berlangsung di Indonesia.

Melalui Temasek Foundation sebagai unit filantropi, perusahaan menciptakan kesempatan bagi para pemimpin daerah, profesional, dan generasi muda untuk bertemu. Beberapa di antaranya adalah program “Indonesia Mayors and Regents” pada 2018, Leaders in Urban Governance, dan program pertukaran antaragama “Faithfully Asean”.

Selain itu, sebagai respons atas pandemi dan untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak, Temasek Foundation bermitra dengan para pemangku kepentingan seperti pelaku usaha, serikat pekerja, dan TNI.

Upaya yang dilakukan termasuk menyumbangkan konsentrator oksigen dan kebutuhan peralatan medis lainnya untuk membantu Indonesia melawan Covid-19.

Sebaliknya, ketika pemerintah Singapura perlu mendirikan fasilitas perawatan masyarakat pada awal 2020, KBRI Singapura bekerja sama dengan institusi pemerintah tersebut untuk memasok peralatan yang diperlukan. Hal ini dilakukan dengan baik dan cepat, ujar Vivian.

“Saya sangat senang melihat dan menyaksikan semangat gotong royong dan saling membantu di antara kita … Saya yakin bahwa segera setelah kita dapat mengatasi pandemi ini, bersama-sama kita akan menjalani masa depan yang lebih cerah,” pungkasnya.