Kemkes: Anak di Bawah 12 Tak Diizinkan Masuk Mal

0

PAPUADAILY – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, anak usia di bawah 12 tahun tidak ada yang mendesak untuk masuk ke mal atau pusat perbelanjaan.

Oleh karena itu, Nadia menuturkan, Kemkes senada dengan kebijakan dan kementerian/lembaga lain yang melarang anak untuk masuk mal atau pusat perbelanjaan.

“Sesuai dengan disampaikan oleh Pak Jodi (Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, red), tidak ada urgensi anak usia kurang dari 12 tahun masuk ke mal atau pusat perbelanjaan maka tidak diizinkan untuk masuk ke mal atau pusat perbelanjaan,” kata Nadia saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (12/10/2021).

Sebagaiamana diketahui, ketika dihubungi Beritasatu.com, Kamis (9/9/2021), Nadia menyampaikan pernyataan berbeda, yakni anak usia di bawah 12 tahun yang belum vaksinasi diperbolehkan masuk mal, tetapi dengan protokol kesehatan (prokes) agar mereka tidak terinfeksi Covid-19.

Terkait dengan sekolah kembali menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, Nadia mengatakan, pertimbangan sekolah kembali PTM telah diatur dalam ketentuan SKB 4 Menteri. Dalam hal ini, ada penilaian kesiapan protokol kesehatan (prokes).

“Yang pasti orangnya ( jumlah siswa) terbatas tidak seperti mal atau pusat perbelanjaan yang orang datang bisa siapa saja,” ucapnya.

Sebelumnya,Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemko Marves) Jodi Mahardi menyampaikan, sejauh ini belum ada rencana membolehkan anak di bawah usia 12 untuk masuk ke mal atau pusat perbelanjaan. Apalagi kelompok usia tersebut sejauh ini belum menerima vaksin Covid-19.

“Alasan utamanya adalah masalah keselamatan bagi mereka. Selain itu karena mereka belum bisa menerima dosis vaksin, ini juga menjadi catatan kami,” kata Jodi Mahardi kepada Beritasatu.com, Jumat (10/9/2021).

Sebelumnya, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi juga menyatakan, tidak ada alasan yang mendesak anak di bawah 12 tahun harus masuk pusat perbelanjaan meski menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Pemerintah ingin memastikan pembukaan aktivitas dilakukan secara bertahap dengan risiko penularan serendah mungkin. Covid-19 bisa terkena pada siapapun termasuk anak-anak dan hingga saat ini anak usia di bawah 12 tahun belum divaksin. Jadi apa urgensinya mengajak anak usia 12 tahun ke mal,” tegas Sonny.