Kementerian BUMN Dorong BUMN Berkolaborasi Rawat dan Perkuat Geopark

3

PAPUADAILY –Kementerian Badan Usaha Milik Negara mendorong  BUMN berkolaborasi dalam merawat dan memperkuat geopark sebagai wujud kehadiran BUMN untuk semua pihak, kata
Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Agus Suharyono.

Ia mengapresiasi kepedulian PT Jamkrindo terhadap geopark, melalui kepedulian secara ekonomi terhadap lingkungan yang ada di geopark serta membantu pengembangan usaha mikro kecil di sekitarnya, terutama di Geopark Ciletuh di Sukabumi, Jawa Barat.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Jamkrindo yang mudah-mudahan nanti bisa diikuti BUMN yang lain, karena tanpa kolaborasi rasanya berat bagi Jamkrindo atau BUMN yang lain. Jadi kata kunci ada di kolaborasi,” kata Agus dalam acara bedah buku “Inspirasi Jamkrindo Mendukung Pilar Pertumbuhan Ekonomi Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” secara daring di Jakarta, Senin.

Menurut Agus, kolaborasi menjadi hal penting dalam penguatan geopark mengingat pilar penguatan geopark banyak sekali dan nilai kemanfaatannya akan semakin luas.

“Kalau kita bicara mengenai geopark, saya hanya ingin menyampaikan betapa luas jangkauan dari pilar-pilar yang akan dipijak oleh geopark,” katanya.

Acara pada hari ini (30/8), lanjut Agus, akan membahas mengenai peran BUMN melalui Jamkrindo untuk menguatkan di pilar ekonominya atau sedikit di lingkungan melalui pengelolaan sampah yang lebih baik.

“Kita juga akan melihat bagaimana BUMN mengambil peran di dalam pilar-pilar yang lain. Ini penting karena kalau kita bicara geopark maka geopark adalah makna dari sebuah kehidupan. Ketika kita merawat geopark berarti kita memuliakan bumi. Begitu kita bicara kemuliaan Bumi, di situlah awal dari kesejahteraan,” ujarnya.

Agus mengatakan bahwa saat ini Indonesia baru memiliki beberapa geopark yang skalanya telah diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO.

Kementerian BUMN mengajak semua pihak untuk mencoba merawat dan menguatkan geopark-geopark yang ada seperti Geopark Ciletuh atau lainnya.

“Mudah-mudahan kita bisa mempertahankan kelestarian keanekaragaman hayati yang ada di geopark, kemudian mempertahankan lingkungan geopark. Syukur-syukur kita bisa memberikan peningkatan kualitas dari usaha-usaha mikro yang ada di sekitar geopark. Mudah-mudahan kesejahteraan mengalir dari situ,” kata Agus.

Agus menambahkan bahwa inilah yang bisa disumbangkan BUMN bagi masyarakat, BUMN akan terus melanjutkan program-program baik ini untuk semakin diperluas sebagai wujud dari kehadiran BUMN untuk semua.