Kemensos Kirim 20 Ribu Paket Makanan Siap Saji untuk Nakes di Jabodetabek

1

PAPUADAILY –Jelang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Kementerian Sosial mengirimkan 20 ribu paket makanan siap saji untuk tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Jumat (2/7/2021) pagi.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), M. Syafii Nasution menyatakan berdasarkan instruksi Menteri Sosial Tri Rismaharini makanan tersebut dikirimkan untuk membantu meningkatkan imun nakes.

“Karena kami tahu banyak nakes yang terpapar covid-19 sehingga (jumlahnya) berkurang. Pasien di RSUD banyak yang membludak sehingga kami supply (makanan) ini untuk menambah imun para nakes agar lebih kuat,” kata M. Syafii di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Adapun jumlah makanan siap saji yang disiapkan untuk hari ini, terbagi menjadi 10 ribu paket makan siang dan 10 ribu paket makan malam. M. Syafii memerinci sebanyak 1.000 paket dikirimkan untuk nakes di Wisma Atlet siang ini, untuk petugas-petugas di sana yang membantu orang-orang melakukan isolasi. Kemudian ke RSUD di Jabodetabek juga kami supply seperti 1.000 paket untuk Posko Utama Kesehatan Kota Bekasi.

“Sebanyak 500 paket untuk RSUD Kota Bekasi, 200 paket RSUD Cibinong, dan rumah sakit lainnya,” kata Syafii. Selain itu, ribuan paket makanan siap saji hari ini juga dikirimkan ke belasan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Jakarta dan Bogor yang menangani pemulung, lansia, disabilitas, serta untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri yang belum tersentuh bantuan.

Menurut Syafii, melalui pendekatan penjangkauan oleh Kemensos ini, beban dari RSUD dan nakes serta masyarakat dapat terbantu. “Jadi ada sinergitas di sini antara sosial dan kesehatan sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,” ucap Syafii.

Paket makanan siap saji ini disiapkan oleh 125 relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sejak 29 Juni 2021 di Dapur Umum yang beroperasi Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Umum Kalibata, Jakarta Selatan. Sebelumnya, Dapur Umum pertama telah dibuka di halaman kantor Kemensos di Salemba pada 21-28 Juni 2021.