Kemenpan RB Diminta Fokus Tuntaskan Rekrutmen Guru Honorer

4

PAPUADAILY –Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta setiap pejabat negara untuk lebih peka dalam memberikan pernyataan. Huda mengkritik pernyataan Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Alex Denni yang menyebut profesi guru bisa hilang dari skema Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami meminta pemerintah dalam hal ini Kemenpan RB untuk fokus menuntaskan rekrutmen sejuta guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terlebih dahulu dibandingkan mengeluarkan wacana yang tidak produktif,” kata Ketua Komisi X Syaiful Huda dalam keterangannya, Senin (5/7).

Alex Denni sebelumnya menyebut kemungkinan adanya beberapa bidang pekerjaan ASN yang akan hilang, termasuk guru, sebagai konsekuensi dari sistem pemerintahan berbasis elektronik atau digitalisasi. Alex menyebut bahwa ke depan, ASN hanya akan bertahan kalau kinerjanya baik. Pernyataan itu disampaikan dalam konteks untuk memotivasi ASN agar selalu meningkatkan kapasitasnya.

Menurut Huda, fenomena bahwa di masa depan akan banyak bidang pekerjaan yang akan hilang akibat disrupsi digital maupun disrupsi akibat pandemi merupakan sesuatu yang tidak bisa terelakkan. Namun menyebut profesi guru akan hilang akibat disrupsi tersebut sebagai hal yang terlalu berlebihan.

“Di situasi di mana negara masih banyak berutang kepada para guru, mengeluarkan wacana tersebut jauh dari sisi kepantasan maupun profesionalitas,” ujar dia.