Kemenkominfo Buka Pelatihan Digital untuk UMKM

3

PAPUADAILY –Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka pelatihan untuk pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pelatihan UMKM ini untuk memberi pendampingan dan mempercepat fasilitasi ke 26 ribu pelaku UMKM masuk tahapan active selling di platform digital.

Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna menyatakan pendampingan dan fasilitasi terhadap pelaku UMKM akan dilakukan oleh 90 orang fasilitator yang berlokasi di 10 Destinasi Kawasan Pariwisata Prioritas (DKPP). Yakni, Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Tanjung Lesung (Banten), Mandalika (Nusa Tenggara Barat). Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Morotai (Maluku Utara), serta dua Provinsi di Jawa (Jawa Barat dan Yogyakarta).

“Kominfo menyediakan basecamp atau pusat pelatihan di daerah-daerah tersebut,” ujar Nyoman Adhiarna dalam siaran pers Kemkominfo, Rabu (21/7).

Ia mengatakan, pelatihan untuk tahap I telah berlangsung pada 3-4 Juli 2021, sedangkan tahap kedua akan dimulai 1-2 Agustus. Untuk tahap 3, pelatihan akan berlangsung di bulan Agustus hingga November 2021. Pada tahap akhir, pelaksanaan kegiatan mulai dari November sampai Desember tahun ini.