Kemenkes Mulai Pantau Varian Mu, Sudah Adakah di Asia Tenggara?

2

PAPUADAILY –Kementerian Kesehatan menyebut varian Mu atau B1621 asal Kolombia belum ditemukan di negara-negara tetangga RI. Hal tersebut bersamaan dengan upaya penguatan di pintu masuk negara via udara atau laut.

“Kalau laporan yang ada di negara-negara tetangga sampai saat ini Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina belum terdeteksi. Kan yang paling banyak Malaysia, Singapura paling banyak mobilitas penduduk yang datang atau keluar ke negara tetangga,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/9/2021).

“Kalau sudah terdeteksi di negara tetangga, waspada kita harus lebih tinggi lagi,” lanjutnya.

Ada atau tidak ada isu varian Corona baru, penguatan di pintu-pintu masuk negara tetap harus diupayakan. Ia menyebut, Kementerian Kesehatan memiliki kantor kesehatan di area pelabuhan untuk melakukan pemantauan dan karantina untuk orang-orang yang datang dari luar negeri.dr Maxi menjelaskan, varian Mu sudah ditemukan di Kolombia sejak 11 Januari 2021. Kini oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian ini dimasukkan ke dalam Variant of Interest (VoI) namun bukan varian Variant of Concern).

“Daerah pintu-pintu masuk ini kita lebih banyak mengirimkan sampel kalau orang masuk pelabuhan untuk kita periksa genomic sequencing untuk kita lihat adakan varian-varian baru ini salah satu cara yang harus kita perkuat,” pungkasnya.