Kemenkes Akan Tambah hingga 30 Ribu Oksigen Konsentrator

4

PAPUADAILY –Kementerian Kesehatan akan menambah sekitar 20 ribu sampai 30 ribuoksigen konsentrator. Upaya tersebut demi memenuhi kebutuhan oksigen untuk pasien COVID-19 yang terus meningkat.

“Kami akan menambah sekitar 20 ribu sampai 30 ribu oksigen konsentrator. Jumlah sebesar itu akan mensuplai kira-kira 600 ton oksigen per hari,” kata Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono saat konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat pada Sabtu, 17 Juli 2021.

“Oksigen konsentrator ini bisa memasok kira-kira 10 liter oksigen per menit untuk kebutuhan (pasien COVID-19) di tempat-tempat atau kamar isolasi maupun di tempat rawat rumah sakit isolasi tersentral.”

Untuk kebutuhan oksigen harian, lanjut Dante, sebelumnya mencapai sekitar 400 ton per hari. Hal itu karena ada peningkatan secara eksponensial pada kasus COVID-19.

“Kebutuhan oksigen naik menjadi 5 kali lipat. Tentu ini harus kita antisipasi dengan berbagai macam hal. Dengan bekerja sama Kementerian Perindustrian, kami sudah melakukan rekonversi dari penggunaan industri yang tadinya besar, menjadi sekitar 90 persen digunakan untuk kebutuhan oksigen medis,” lanjutnya.

“Sehingga sekarang, hanya tinggal 10 persen lagi kebutuhan oksigen yang digunakan untuk industri.”