Kasus Covid-19 Melandai, Seluruh RT di Padang Masuk Zona Hijau

2

PAPUADAILY –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menyatakan seluruh rukun tetangga (RT) di daerah itu sudah berstatus zona hijau Covid-19.

“Semua RT yang ada pada 11 Kecamatan di Kota Padang saat ini terpantau sudah berstatus zona hijau,” kata Kalaksa BPBD Kota Padang Barlius di Padang, Rabu (8/9/2021).

Dia mengatakan, seluruh RT itu menjadi zona hijau karena kasus Covid-19 di Kota Padang terus melandai, terutama dalam beberapa pekan belakangan.

“Data menurunnya (kasus Covid-19) ini kita peroleh dari Dinkes Kota Padang. Dari data itu menunjukkan penurunan cukup signifikan,” jelas Barlius.

Dia menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang, sisa kasus positif di Kota Padang hanya 675 kasus. “Dari 675 kasus itu terdiri dari 543 bergejala sedangkan 133 nya tanpa gejala alias OTG,” jelasnya.

Penambahan kasus Covid-19 di Kota Padang hanya berkisar puluhan. “Sedangkan pada fase sebelumnya itu mencapai ratusan setiap hari,” sebut Barlius.

Terkait perpanjangan masa PPKM Level 4 di Kota Padang, pihaknya akan melakukan koordinasi agar kondisi daerah ini bisa membaik. “Kita juga inginkan masyarakat semakin memperketat penerapan prokes,” pungkas Barlius.

Diketahui, dalam kurun hampir tiga bulan, Kota Padang terus menerapkan PPKM Darurat hingga berubah menjadi PPKM Level 4. Kebijakan itu diterapkan lantaran kasus Covid-19 yang melonjak tajam dua bulan belakangan.