Kapal Perang Diturunkan, Prajurit TNI AL Koarmada III Latihan Pengamanan VVIP

1

PAPUADAILY –Kapal perang, sea rider diturunkan dan ratusan prajurit dilibatkan dalam kegiatan latihan pengamanan VVIP aspek laut di wilayah perairan Kota Sorong yang dilakukan oleh prajurit TNI AL Koarmada III.

Latihan dijadwalkan berlangsung selama 10 hari ke depan melibatkan sejumlah alutsista. Di antaranya satu unit kapal perang, satu unit kapal angkatan laut, dua unit patkamla, dua unit sea rider.

Kepala Staf Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho mengatakan, pengamanan VVIP juga menjadi tugas dan tanggung jawab TNI.

“Operasi pengamanan VVIP memerlukan kemampuan dan keterampilan prajurit serta kesiapan alutsista,” kata Laksamana TNI Yeheskiel di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (13/10/2021). Dikutip iNews.id

Dikatakan pula bahwa latihan pengamanan VVIP 2021 yang diselenggarakan kali ini merupakan implementasi dari kebijakan pembinaan kemampuan personel maupun alutsista.

Pelaksanaan latihan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pertama pembekalan, tahap kedua dril teknis dan taktis, serta tahap ketiga manuvra lapangan dengan melaksanakan skenario secara utuh.

Materi latihan meliputi pengetahuan tentang VVIP dan prosedur pengamanannya, evakuasi darurat, pengamanan area pesisir dan pelabuhan, evakuasi medik, dan kesehatan lapangan atau P3K.***