Kampung Doyo Lama Papua, Punya Potensi Wisata tapi Jaringan Internet Terbatas

4

PAPUADAILY –Danau Sentani di Papua punya kampung wisata dengan pemandangan alam yang indah. Namun sayangnya jaringan internet dan komunikasi masih sangat terbatas.

Ada dua kampung yang jadi destinasi wisata unggulan di Danau Sentani. Yaitu Kampung Abar di Distrik Ebungfauw dan Kampung Doyo Lama di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kampung Abar dikenal dengam kerajinan gerabahnya hingga saat ini. Masyarakatnya masih eksis membuat gerabah di Papua. Selain itu setiap 30 September selalu diadakan Festival Makan Papeda dalam Gerabah.

Festival ini sangat menarik, karena pengunjung bisa makan papeda dan ikan kuah kuning gratis sepuasnya. Selesai makan, gerabah boleh dibawa pulang. Bakal jadi kenangan tak terlupakan.

Sementara itu, Kampung Doyo Lama dikenal memiliki destinasi yang sangat Instagramable yaitu Bukit Teletubbies atau dalam bahasa Sentani disebut Bukit Tungkuwiri yang berarti bertemu di tempat ini.

Kampung Doyo Lama juga memiliki destinasi Bukit Tutari dengan keindahan Megalitik Tutari. Situs Megalitik Tutari tidak kalah Instagramable, karena berada di ketinggian dengan pemandangan Danau Sentani dan Kota Sentani.

Kampung Doyo Lama, dapat dicapai sekitar 15 menit dari Bandara Sentani atau 10 menit dari Kompleks Kantor Bupati Jayapura. Sedangkan Kampung Abar dapat dicapai dari Bandara Sentani sekitar 25 menit.

Meski kedua kampung destinasi wisata ini berada tidak jauh dari ibukota Kabupaten Jayapura, jaringan telekomunikasi masih terbatas, terutama sinyal 4G.

Biasanya masyarakat Kampung Abar harus naik ke bukit di tengah kampung untuk menelpon, menggunakan whatsapp atau mengecek sosial media. Namun jika hanya mengandalkan sinyal 2G, masih bisa digukana untuk menelpon dari rumah masing-masing yang berada di panggung di atas permukaan air danau.

Begitu pula dengan masyarakat Kampung Doyo Lama. Di rumah mereka yang berada di tepi Danau Sentani sama sekali tidak mendapatkan sinyal telepon. Mereka harus naik ke dataran tinggi dekat Bukit Teletubbies atau dekat Bukit Tutari.

Menjelang penyelenggaraan PON 2021, diharapkan fasilitas komunikasi di dua kampung ini diperbaiki. Karena kampung ini bisa menjadi daya tarik tersendiri saat PON digelar.

Terlebih, generasi milenial menyukai tempat yang Instagramable seperti suasana indah di dua kampung tersebut. ***