Jurus Bisu Azis Syamsuddin Berlanjut Usai Diperiksa KPK

4

PAPUADAILY –Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin kembali membisu usai diperiksa KPK. Azis diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka di kasus dugaan penanganan perkara di Lampung Tengah.

Pantauan detikcom pukul 15.15 WIB, Senin (11/10/2021), Azis turun dari ruang pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Azis bungkam saat ditanyai oleh wartawan terkait dugaan ‘orang dalam’ di KPK.

Azis diperiksa penyidik KPK selama kurang-lebih 3 jam. Namun, Azis hanya berdiam dan langsung masuk ke mobil tahanan. Kebisuan itu juga sama saat Azis tiba di gedung KPK saat akan diperiksa.

Diketahui, Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terhadap AKP Stepanus Robin Pattuju. Suap diduga diberikan Azis ketika Robin masih menjadi penyidik KPK.

Suap itu diduga diberikan agar Robin membantu mengurus penyelidikan kasus dugaan korupsi di Lampung Tengah. Penyelidikan saat itu dilakukan terkait dugaan keterlibatan Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado.

Azis diduga telah memberi suap Rp 3,1 miliar ke AKP Robin. Suap diberikan secara bertahap, baik langsung ke AKP Robin maupun lewat pengacara bernama Maskur Husain.

Atas perbuatannya, Azis Syamsuddin diduga melanggar Pasal 5 ayat (1) a atau Pasal 5 ayat (1) b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Azis kemudian ditahan selama 20 hari pertama di Rutan Polres Jakarta Selatan.