Jokowi, Risma, dan Ganjar Pranowo Jadi Senjata PDIP

1

PAPUADAILY –Pengamat politik Rustam Ibrahim membeberkan hal mengejutkan soal Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma). Menurutnya, Risma akan menjadi salah satu tokoh yang bisa mendongkrak suara PDIP pada Pemilu 2024 mendatang.

Selain Risma, ada dua tokoh lainnya yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Ketiga tokoh tersebut ialah, Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Tri Rismaharini,” kata Rustam dalam keterangannya, Jumat (9/7/2021) lalu.

Namun, hal itu tergantung bagaimana PDIP menempatkan Risma dan kedua tokoh tersebut dalam kepemimpinan partai. Jika salah menempatkan ketiga tokoh tersebut, PDIP akan mendapat banyak kerugian. “Jika tidak, ramalan saya suara PDIP akan kembali merosot, seperti Pemilu 2009, menjadi sekitar 14-15 persen,” jelasnya.

Seperti diketahui, DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu telah menyepakati jadwal Pemilu 2024. Pencoblosan Pemilu 2024 berupa Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) disepakati berlangsung 28 Februari 2024. BACA JUGA:  Pernyataan Natalius Pigai Bikin Kaget, Seret Jokowi dan Luhut Sementara itu, waktu pencoblosan Pilkada 2024

berlangsung pada 27 November 2024. Namun demikian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian baru-baru ini menyebutkan, jadwal Pemilu 2024 tersebut belum final.