Jambi Upayakan Percepatan Pembangunan Melalui Kementerian Bappenas RI

1

PAPUADAILY –Pemerintah Provinsi Jambi berupaya melakukan percepatan pembangunan pengembangan wilayah dengan memaparkan kebutuhan pembangunan kepada Kementerian PPN/Bappenas RI, Kamis (9/9).

Melalui keterangan tertulis yang di terima di Jambi pada Kamis, Gubernur Jambi memaparkan delapan kebutuhan pembangunan pengembangan wilayah kepada Sekretaris Utama Bappenas RI Himawan Hariyoga Djojokusumo di Jakarta.

“Kita harapkan Kementerian Bappenas dapat mengakomodir usulan pembangunan pengembangan wilayah di Provinsi Jambi,” kata Gubernur Jambi Al Haris.

Adapun delapan usulan kebutuhan pembangunan pengembangan wilayah di Provinsi Jambi di antaranya peningkatan konektivitas wilayah melalui percepatan pembangunan jalan tol Sumsel-Jambi-Rengat, serta mendukung akses jalan menuju exit tol di Provinsi Jambi.

Kemudian pembangunan kawasan ujung jabung, dengan melanjutkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung dan pembangunan Jembatan Sungai Rambut. Pembangunan Kawasan Industri dan Kawasan Pelabuhan. Pengembangan Bandara Sultan Thaha, Bandara Muaro Bungo dan Bandara Depati Parbo Kerinci.

Selanjutnya pengendalian Banjir Perkotaan di Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh melalui Urban Flood Control System Improvement (UFCSI). Pembangunan kawasan khusus Food Estate, kawasan perdesaan prioritas nasional Kabupaten Muaro Jambi dan Pengembangan Kawasan Bathin III Ulu Bungo.

Dan pengembangan pariwisata Geopark Merangin, Candi Muaro Jambi dan Taman Nasional. Serta konservasi sumber daya air melalui pembangunan Bendungan Merangin.

Kedelapan usulan pembangunan pengembangan wilayah tersebut di harapkan dapat segera di tindak lanjuti mengingat sebagian besar usulan yang disampaikan Gubernur Jambi tersebut merupakan bagian dari Program Pembangunan Nasional yang berada di wilayah Provinsi Jambi. Dimana delapan program pembangunan tersebut diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional di Provinsi Jambi.