Jalin Keakraban Jelang Natal, TNI-Polri dan Warga Banti Papua Gelar Acara Bakar Batu

4

PAPUADAILY – Dalam rangka menjalin keakraban jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Prajurit TNI-Polri bersama warga Banti, Papua menggelar acara batu bakar. Ritual adat tersebut digelar oleh sejumlah anggota Koramil 1710/-04 Tembagapura dan Polsek Tembagapura di halaman Gereja Immanuel Kampung Banti II, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Sabtu (4/12/2021).

“Acara ini merupakan wujud dari pengabdian aparat TNI kepada masyarakat dalam mempererat tali silaturahmi serta wujud toleransi antar umat beragama yang harus selalu kita junjung tinggi sebagai bangsa yang majemuk tetapi tetap satu dalam NKRI,” kata anggota Koramil Tembagapura, Kapten Akhmad Zaini.

Dia mengatakan, bakar batu merupakan ritual adat masyarakat Papua yang mewujudkan semangat kebesamaan. Anggota TNI merasa sebagai keluarga. Orang tua di sini juga orang tua para prajurit. Diakui Zaini kebersamaan ini diperlukan agar apabila ada permasalah diselesaikan secara kekeluargaan.

“Agar wilayah yang kita tempati ni tercipta suasana yang aman, damai dan sejahtera,” ujarnya.

Tokoh perempuan Banti, Papua, Marthina Natkime mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang menggelar acara ini dan telah menjaga masyarakat siang-malam.

“Kami warga tidak perlu khawatir lagi. Saya punya anak-anak TNI-Polri yang siap membantu kami siang-malam,” katanya.