Hoax, Polri Pastikan Bandara Sugapa Intan Jaya tidak Dibakar oleh KKB

2

PAPUADAILY –Adanya informasi bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya dalam kondisi terbakar dan lumpuh total akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dipastikan hoax. Kapolres Intan Jaya AKBP, Sandi Sultan menyebutkan tak ada yang terbakar di bandara Sugapa Intan Jaya.

Hanya saja, kata dia, ada satu rumah makan yang mengalami kebakaran. “Bahwa yang terbakar adalah 1 rumah warga yang merupakan tempat usaha warung makan, dan bukan rumah tempat tinggal kemudian 1 kendaraan trantib yang berisikan air dan 1 mobil ambulans,” kata Sandi saat dikonfirmasi, Selasa (2/11/2021). Dikutip Tribunpapua.com.

Ia menyampaikan kebakaran rumah tersebut membuat spekulasi adanya kebakaran di bandara Sugapa. Pasalnya, rumah makan itu memang lokasinya berdekatan dengan bandara.

“Kebakaran tersebut dilakukan oleh KKB dan tempat kejadiannya tidak jauh dari bandara sehingga timbul informasi yang salah bahwa bandara Sugapa Intan Jaya terbakar namun yang sesungguhnya tidak terbakar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sandi menjelaskan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Intan Jaya berjalan normal

Ia juga memastikan bahwa TNI-Polri telah berhasil memukul mundur KKB dari Intan Jaya.

“Saya menghimbau kepada kelompok KKB jangan mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat di kabupaten Intan karena dengan ulah KKB, masyarakat dirugikan. upaya penegakan hukum yang tegas dan terukur terhadap KKB terus kami lakukan,” tukasnya.

Seperti diberitkakan sebelumnya, telah terjadi kontak senjata antara aparat dengan KKB di Distrik Sugapa, tepatnya di Bandara Bilogai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Jumat (29/10/2021) sore.

Dilaporkan, KKB sempat membakar Kantor Airnav Bandara Bilogai. Namun menurut laporan yang diterima Kombes Faizal Rahmadani yang dibakar bukan Kantor Airnav bandara itu melainkan rumah genset, kios milik Rian, dan dua unit kendaraan termasuk mobil ambulans yang ada di sekitar bandara.***