Hindari Antrian Dan Kerumunan, Urusan Pertanahan Bisa Diatur Melalui Aplikasi Online

2

PAPUADAILY –Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Data dan Informasi Pertanahan dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (Pusdatin) memperkenalkan layanan elektronik bernama Loketku untuk berbagai urusan pertanahan. Melalui layanan berbasis elektronik ini masyarakat dapat mengakses layanan pertanahan dari mana saja.

Menurut Kepala Pusdatin Kementerian ATR/BPN Virgo Eresta Jaya, layanan Loketku selain akan memudahkan masyarakat, dengan berbasis elektronik ini bisa dihadirkan berbagai fitur layanan pertanahan untuk mendukung arahan pemerintah terkait tidak menimbulkan kerumunan saat pandemi Covid-19 ini.

“Loketku merupakan respon Kementerian ATR/BPN untuk tidak ikut menciptakan kerumunan yang berpotensi penularan Covid-19. Dengan fitur antrian online, jumlah pengguna layanan yang datang ke kantor pertanahan bisa dikontrol dan masyrakat bisa memilih waktu untuk dilayani sesuai dengan kebutuhannya,” ujarnya.

Untuk mendapatkan layanan pertanahan melalui fasilitas Loketku ini, pemohon terlebih dulu harus melengkapi berkas-berkas pendaftaran dan mengunggahnya. Alur perjalanan berkas yang sudah diverifikasi kantor pertanahan bisa secara real time dipantau melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

Demikian juga apabila ada pertanyaan, masyarakat bisa langsung bertanya melalui menu tanya berkas. Dengan begitu pemohon tidak perlu datang berulang kali ke kantor pertanahan sehingga bisa memaksimalkan waktunya. Pemohon juga bisa memberikan review berupa rating dan ulasan terhadap responsif layanan yang diberikan oleh setiap kantor pertanahan.

Mengenai berbagai jenis layanan yang bisa dilayani melalui Loketku ini disesuaikan dengan kesiapan masing-masing kantor pertanahan. Layanan go online ini juga bisa dikonfigurasi oleh masing-masing admin dari kantor pertanahan serta disesuaikan dengan kesiapan kantor pertanahan yang bersangkutan.

Karena itu jumlah layanan yang bisa dihadirkan melalui Loketku ini juga bisa fleksibel. Namun begitu ada beberapa jenis layanan yang sifatnya wajib ada seperti pendaftaran tanah pertama kali atas nama perorangan. Untuk permohonan layanan elektronik Loketku ini bisa dilakukan melalui tautan website resmi Kementerian ATR/BPN.

Nantinya setelah melakukan login pada tautan tersebut, pemohon akan diminta untuk membuat berkas pendaftaran untuk melengkapi unggahan dokumen persyaratan dan kemudiann mengirim berkas pendaftarannya. Setelah divalidasi secara online oleh kantor pertanahan, pemohon akan mendapatkan notifikasi via surat elektronik untuk memilih jadwal datang ke kantor pertanahan.

Ketika datang sesuai jadwal, pemohon cukup membawa berkas asli yang akan diverifikasi oleh petugas loket. Setelah terverifikasi akan tercetak Surat Perintah Setor (SPS) dan pemohon melakukan pembayaran maka berkas akan diproses. Apabila produk telah selesai akan diinformasikan kembali melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

“Loketku ini selain bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat juga bisa dimanfaatkan oleh pemohon instansi pemerintah. Jadi instansi pemerintah yang memiliki aset sesuai yang dimanfaatkan dengan tugas pokok dan fungsinya bisa menggunakan layanan ini dengan terlebih dulu memiliki akun supervisor atau operator pada website di Kementerian ATR/BPN,” jelas Virgo.