Hari Kedua di NTB, Jokowi Tanam Pohon Kayu Putih di Gunung Pepe

3

PAPUADAILY –Hari kedua berada di Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengawali kegiatannya dengan menanam pohon kayu putih. Penanaman pohon tersebut dilakukan di Kawasan Hutan Gunung Pepe Kelompok Hutan Mareje Bonga dan Gunung Pepe RTK 13 Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

“Pagi hari ini saya berada di kawasan hutan Gunung Pepe di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bersama-sama dengan masyarakat Menteri dan Gubernur kita bersama-sama menanam banyak pohon di sini utamanya kayu putih dan juga banyak buah-buahan,” ungkap Jokowi dalam keterangannya, Sabtu (13/11/2021).

Jokowi juga berpesan kepada masyarakat agar tumbuhan yang sudah ditanam dipelihara karena akan memberikan dampak ekonomi di kawasan Gunung Pepe ini. “Saya titip pesan kepada masyarakat agar yang sudah ditanam ini dipelihara, dijaga agar nantinya semuanya tumbuh dengan baik dan memberikan dampak ekonomi kepada seluruh masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan gunung pepe ini,” paparnya.

Selain itu, Jokowi meminta agar masyarakat di kawasan Gunung Pepe ini tetap menjaga lingkungan mencegah agar tidak terjadi bencana longsor, maupun banjir ketika musim hujan datang.

“Dan juga untuk menjaga lingkungan kita agar tidak longsor, tidak banjir, sehingga sekali lagi saya minta ini betul-betul dipelihara karena musimnya masih musim hujan. Sangat bagus untuk menanam dan pemeliharaan itu kalau masyarakat sendiri yang melakukan akan lebih baik lagi,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu Jokowi menanyakan kesanggupan masyarakat untuk memelihara pohon-pohan yang sudah ditanam. “Memelihara pohon-pohon, sanggup?” tanya Jokowi. “Sanggup,” jawab masyarakat serempat. “Bener?” kata Jokowi dan masyarakat pun mengiyakan “benar”.