H-1, Kontingen Papua Hampir Pasti Jadi Juara Umum Peparnas XVI

1

PAPUADAILY –Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Papua hampir pasti menjadi juara umum Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI sesuai yang ditargetkan. Hingga H-1 upacara penutupan, Jumat (12/11/21) pukul 14.07 WIT, kontingen NPC Papua sudah mengumpulkan 102 medali emas, 64 perak dan 68 perunggu.

Di bawah tuan rumah Papua, kontingen Jawa Barat menguntit dengan mengoleksi 74 medali emas, 69 medali perak, dan 54 medali perunggu. Namun perolehan 102 medali emas kontingen Papua sulit untuk dikejar oleh Jawa Barat.

Medali yang diraih oleh kontingen NPC Papua itu sudah melampaui perolehan medali yang diperoleh kontingen Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yaitu 93 medali emas.

Medali emas terbanyak yang diraih oleh kontingen NPC Papua berasal dari cabang olahraga para-renang yang sudah menyumbangkan 28 medali emas.

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma sangat optimistis, tuan rumah bisa menjadi juara umum Peparnas XVI. “Kalau kita lihat perolehan medali emas yang sudah kita dapat sampai dengan hari ini, kita sangat optimis bisa jadi juara umum,” kata Jaya Kusuma. Dikutip Jubi.co.id.

Sementara Ketua Kontingen Papua, Nikolaus Kondomo terus meminta dukungan doa dari masyarakat Papua agar para atlet NPC Papua bisa mengakhiri Peparnas sesuai target.

“Kita meminta dukungan doa dari masyarakat Papua agar atlet-atlet kita bisa terus menambah medali emas di beberapa cabor yang masih bertanding, kita harap atlet kita bisa mencapai target di Peparnas XVI,” kata Kondomo.

Pertandingan cabang olahraga Peparnas XVI masih akan berlangsung hingga Sabtu (13/11/21) besok, dengan memperebutkan puluhan medali emas.

Di hari tersisa, cabor para-renang masih memperlombakan belasan nomor, para-menembak dengan empat nomor, tenis lapangan kursi roda, catur, boccia, judo dan bulutangkis.

Kontingen Papua sejak awal memang mematok target juara umum. Mereka berambisi memperbaiki peringkat di Peparnas XV lalu di Jawa Barat tahun 2016. Ketika itu, Papua hanya menempati peringkat kelima dengan 34 medali emas.***