Gunakan Bahasa Suku Aifat, Prajurit TNI Imbau Warga Mengungsi di Lokasi Penyisiran Pulang ke Rumah

0

PAPUADAILY –Pasca penyerangan Posramil di Kabupaten Maybrat, prajurit TNI mengimbau warga yang mengungsi di lokasi penyisiran pulang ke rumah masing-masing. Sebab khawatir mereka akan dianggap bagian dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). TNI jamin keamanan warga.

Tim menggunakan bahasa daerah Suku Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, menyampaikan imbauan agar masyarakat bisa kembali ke perkampungan mereka. Sebab TNI hadir untuk menjaga wilayah tersebut.

Kependam XVIII/Kasuari, Kolonel Hendra Pesireron mengatakan, tim sudah menyebar imbauan dalam bentuk tulisan menggunakan bahasa daerah agar masyarakat tak panik dan kembali ke perkampungan.

“TNI memberikan jaminan keamanan penuh kepada masyarakat untuk kembali beraktivitas seperti biasa di kampungnya. Imbauan kami dengan menggunakan bahasa daerah,” kata Kapendam, Kamis (9/9/2021). Dikutip iNews.id.

Menurut dia, tugas utama TNI selain menjaga kedaulatan negara, juga menjamin keamanan masyarakat dari ancaman KKB yang berafiliasi dengan Komite Nasional Papua Barat atau KNPB di wilayah tersebut.

“KNPB sempat menguasai sejumlah tempat di wilayah Aifat dan mendoktrin masyarakat untuk menolak pembangunan. Tapi dengan kehadiran TNI bersama Polri, kami pastikan tidak ada tempat lagi bagi mereka,” ujarnya.***