Google Hapus 9 Aplikasi di Play Store, Ketahuan Suka Nyolong Password Pengguna Facebook

1

PAPUADAILY –Maraknya pencurian data pengguna seperti password Facebook membuat Google bertindak tegas menyisir beberapa aplikasi yang ada di Play Store.

Google baru saja menghapus sembilan aplikasi Android yang disinyalir kerap mencuri data password pengguna Facebook dari Play Store. Sembilan aplikasi pencuri data pengguna tersebut telah diunduh lebih dari 5,8 juta kali.

Berdasarkan laporan perusahaan antivirus asal Rusia Dr. Web, aplikasi-aplikasi ini sekilas memiliki layanan dan fungsi yang normal. Untuk mengelabui pengguna, aplikasi-aplikasi ini menyamarkan diri sebagai aplikasi untuk mengedit foto, aplikasi olahraga, horoskop, dan lain-lain.

Sepintas aksi itu lazim karena berfungsi secara normal, namun aplikasi itu diam-diam mencuri username dan password pengguna.

Pihak pengelola aplikasi memberikan opsi bagi pengguna yang rupanya jebakan untuk membuka semua fitur dan menghilangkan iklan di aplikasi hanya dengan login ke akun Facebook.

Saat pengguna memilih opsi ini, aplikasi itu kemudian menampilkan halaman login Facebook lengkap dengan kolom untuk memasukkan username dan password. Jika login dilakukan, seketika username dan password yang dimasukkan justru dikirimkan ke komputer yang dikontrol oleh hacker menggunakan kode jahat yang disembunyikan.

Mengutip analis dari Dr. Web, Selasa (6/7/2021), ada 10 aplikasi yang kerap mencuri data pengguna dan sembilan di antaranya sebelumnya tersedia di Google Play Store. Dua aplikasi yang paling banyak diunduh adalah aplikasi edit foto bernama PIP Photo dan Processing Photo.

Berikut daftar 9 aplikasi yang dihapus Google Play Store akibat tindakan pencurian data Facebook pengguna:

– PIP Photo (5,8 juta unduhan)

– Processing Photo (500.000 unduhan)

– App Lock Keep (50.000 unduhan)

– Lockit Master (5.000 unduhan)

– Horoscope Pi (1.000 unduhan)

– App Lock Manager (10 unduhan)

– Rubbish Cleaner (100.000 unduhan)

– Horoscope Daily (100.000 unduhan)

– Inwell Fitness (100.000 unduhan)

Meski telah dihapus dari Play Store, pengguna yang terlanjur mengunduh aplikasi ini dianjurkan untuk segera menghapusnya dari perangkat smartphone. Untuk langkah antisipasi, pengguna juga diimbau untuk memperbarui privasi keamanan data login di Facebook untuk mengamankan akun.