Gerai Honai, Tempat Berburu Oleh-Oleh Suvenir Asli Khas Papua

11

PAPUADAILY –Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 tidak hanya menjadi pesta kompetisi para atlet, melainkan sebagai etalase produk-produk budaya masyarakat asli Papua. Salah satu yang dipromosikan adalah Gerai Honai. Ada apa saja di gerai rumah tradisional Papua ini?


Keberadaan Gerai Honai Papua ini untuk mengenalkan barang-barang budaya, produk asli dari masyarakat Papua yang dapat dibeli oleh para tamu yang datang untuk mengikuti ajang PON XX Papua.

“Kami mendatangkan langsung dari perajin aslinya. Seperti noken yang diambil dari Merauke, Wamena, dan juga dari Sentani,” ujar Grayce Wandesi, Staf PB PON XX Papua Bidang Sosial dan Budaya ketika ditemui di Gerai Honai Papua, Jayapura, Selasa (12/10/2021). Dikutip infopublik.com.

Gerai Honai Papua merupakan sebuah outlet yang berada di bawah pembinaan PB PON XX Papua 2021. Mulai dibuka sejak 8 September 2021 bersamaan dengan peluncuran aplikasi online Papua Tourism. Dengan dua outlet ini diharapkan turut mendukung semarak PON Papua agar berdampak pada ekonomi dan pariwisata Papua.

Gerai tersebut mengumpulkan berbagai hasil produksi dari UMKM dari empat kluster penyelenggara PON XX, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Produk souvenir asli Papua yang ada di gerai tersebut mulai gelang yang berharga Rp20 ribu, aksesoris koteka hingga pajangan kulit kayu seharga Rp800 ribu. Aneka kopi dari Tiyom dan Wamena menjadi favorit pengunjung Gerai Honai.

Begitu pula tas noken merupakan produk yang paling banyak dibeli. Penganan kopi cokelat Jayapura, snack sagu, jahe merah, dan sambal juga tersedia di sana. Tak ketinggalan merchandise resmi PON XX Papua seperti kaos, topi dan boneka maskot Kungpho-Drawa.

“Omzet kami paling banyak bisa mencapai Rp5 juta dalam sehari,” tukas Grayce.

Ia menambahkan selama PON, pembeli terbanyak adalah atlet dan official kontingen yang mampir usai bertanding.

Kendati berasal dari UMKM, produk-produk yang ada di Gerai Honai Papua ini harus memenuhi standar dari Dinas Perdagangan yakni memiliki izin produksi IRT (industri rumah tangga) agar terjamin mutunya.

Harapan Grayce ke depan, Gerai Honai yang terletak di kawasan Jalan Baru Pasar Lama Abepura, Wai Mhorock, Kota Jayapura ini dapat menjadi jembatan untuk membantu memasarkan produk UMKM dari Tanah Papua. Gerai ini tentunya akan terus berlanjut setelah PON berlangsung.***