Gandeng Pengurus RT dan RW, BPJAMSOSTEK Jayapura Gelar Sosialisasi

2

PAPUADAILY –BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura  menggelar sosialisasi program jaminan sosial bagi tenaga kerja informal bukan penerima upah (BPU) di wilayah Koya Timur dan Jayapura Selatan. Sosialisasi dilakukan dengan menggandeng pihak distrik, kelurahan dan pengurus RT serta RW.

“Program untuk BPU tersebut ditujukan untuk para pekerja mandiri dan informal seperti penjual pinang, pekerja bangunan, tukang ojek, pedagang sayur dan sebagainya,” kata Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura I Ketut Arja Leksana dalam siaran pers di Jayapura, Senin (25/10/2021). Dikutip Antara.

Menurut Arja Leksana, para peserta BPJAMSOSTEK BPU akan mendapatkan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Untuk program jangka panjang yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) juga dapat dimanfaatkan bagi para pekerja informal tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk memudahkan pendaftaran dan pembayaran iuran kepada peserta, BPJAMSOSTEK membuka Kantor Perisai di Kelurahan Ardipura melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) “NAN DOMI”.

“Bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, di samping mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa batas, kemudian pengganti penghasilan yang hilang, dan santunan kematian, para peserta juga akan mendapatkan beasiswa untuk anaknya dengan total maksimal beasiswa sebesar Rp174 juta sesuai ketentuan berlaku,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura Frans Pekei mengatakan pihaknya berharap masyarakat akan mengetahui manfaat yang dapat diterima dengan mengikuti program BPJAMSOSTEK melalui para peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut.

“Kami dukung program ini, apalagi yang bermanfaat bagi tenaga kerja informal,” katanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga diikuti dengan penyerahan santunan kematian kepada dua ahli waris dengan masing-masing santunan sebesar Rp42 juta, di mana selain dihadiri Sekda Kota Jayapura Frans Pekei, juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura Djoni Naa.***