Faldo Maldini Sebut Pandemi Tak Bisa Ditangani Sendiri, Mesti Libatkan Negara Tetangga

1

PAPUADAILY –Staf Khusus Mensegnes Faldo Maldini mengungkap bahwa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia tidak bisa dijalankan sendirian oleh pemerintah namun harus ada kolaborasi dengan masyarakat dan negara tetangga di sekitarnya.

“Pandemi Covid-19 ini memang adalah krisis global yang harus kita selesaikan, setiap negara memiliki kebijakan, kekuatan, dan kelemahannya masing-masing dalam menangani,” ujar Faldo Maldini saat menjadi narasumber dalam diskusi Polemik Trijaya yang mengangkat tema ‘Ekonomi Politik Pandemi’ Sabtu (31/7/2021) di Youtube MNC Trijaya.

Ia mengungkapkan dengan banyaknya prediksi terkait Covid-19, tidak ada negara yang dapat keluar dari pandemi Covid-19 sendirian.

“Kemarin contoh paling baru Singapura mencoba untuk membuka membuka batas negara mereka (berdamai dengan Covid-19) tapi ternyata kasusnya naik lagi. Ini mungkin dikarenakan negara tetangganya seperti di Indonesianya dan Malaysia belum beres. Jadi pandemi Covid-19 ini penanganannya regional,” jelas Faldo Maldini.

Ia menekankan bahwa tidak ada negara manapun yang bisa bebas menyelamatkan dirinya sendiri di masa pandemi Covid-19.

“No one country and solve alone. Pemerintah menetapkan kebijakan PPKM berjilid-jilid ini merupakan salah satu jalan keluar dengan tetap mendengarkan masukan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan pandemi dengan strategi yang obyektif dan adaptif,” kata Faldo Maldini.