Eks Anggota KKB Papua yang Menyerah Dapat Paket Sembako dari TNI-Polri

17

PAPUADAILY –Eks anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang menyerah dan kembali ke NKRI diperlakukan dengan sangat baik oleh TNI-Polri. Mereka mendapatkan paket sembako untuk bertahan hidup. Padahal, selama bergabung dengan KKB Papua, mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan perut sehari-hari.

Salah satunya yang terjadi di Angkaisera dan Kosiwo baru-baru ini. Satuan Binmas Polres Kepulauan Yapen melaksanakan operasi Bina Waspada Matoa Tahun 2021 menyambangi masyarakat yang merupakan mantan anggota KKB Papua Di Wilayah Angkaisera dan Kosiwo, Jumat (16/7/2021).

Mereka memberikan bantuan berupa paket sembako untuk bertahan hidup. Àksi ini merupakan bentuk kepedulian dan saling menjaga hubungan silaturahmi antara Polri dan masyarakat, khususnya kepada mantan KKB Papua.

Kepala Satuan (Kasat) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Yapen Iptu I Wayan Sukandia mengatakan, Polri tetap memberikan dan melayani masyarakat dengan semaksimal mungkin terlebih bagi yang sudah dengan niat baik mau kembali ke NKRI.

“Melalui kegiatan Operasi Bina Waspada ini juga para mantan KKB Papua tersebut kami berikan imbauan untuk dapat bersama-sama berperan aktif menciptakan situasi Kamtibnas yang kodusif di wilayah kabupaten Kepulauan Yapen,” ujar Kasat Binmas.

Para mantan simpatisan KKB yang di sambangi yaitu Jhon Mandai di kampung Wabuayar, Yahya Bonai di kampung Konti, Hendrikus Torobi simpatisan KKB Papua kampung Mananayang di wilayah distrik Angkaisera, dan Jhon Sembai Tokoh NRFPB kampung Ariepi Distrik Kosiwo.

Melansir dari laman tribratanews.papua.polri.go.id, Binmas Noken Polri yang dipimpin Waka Satgas Binmas Noken Polri AKBP Sofyan Budiono dan didampingi Kapolres Keerom, AKBP Emike Reisitei Hartanto mengunjungi Lambert Pekikir, Rabu (17/03/2021).

Pada kunjungan itu, Waka Satgas Bimmas Noken Polri AKBP Sofyan Budiono bersilaturahmi dalam program Binmas Noken Polri. Yaitu program tentang pemberdayaan masyarakat pada bidang, pertanian, perkebunan, peternakan dan Polisi Pi Ajar.

Tentunya Binmas Noken Polri akan mensuport untuk mengembangkan usaha masyarakat yang ada di Kabupaten Keerom dan kabupaten lain di Papua seperti Kabupaten Puncak jaya, Kabupaten Timika dan Wamena.

Kehadiran aparat keamanan TNI-Polri di Papua ini adalah untuk menciptakan keamanan yang ada di Papua. Juga melaksanakan penegakan hukum di Wilayah Papua guna terciptanya Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) yang kondusif serta bersama menghindari informasi-informasi HOAX.

Lambert Pekikir pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Bapak Kapolres Keerom dan Bapak Waka satgas Binmas Noken Polri atas kunjungan kasih tersebut.

“Kunjungan ini sangat Bagus dan saya berterima kasih. Untuk itu, saya minta kepada polres Keerom dan Binmas Noken POLRI untuk mari kita sama-sama membangun komunikasi yang baik dengan semua tokoh sehingga bisa membantu Kepolisian dalam upaya menjaga keamanan di Papua ini, terkhususnya di Kabupaten keerom,” kata Lambert Pekikir.

Lambert Pekikir juga mendukung pemerintah membangun Papua ukntuk maju dan kehadiran aparat keamanan di Papua adalah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Papua.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan sembako yang di terima langsung oleh Lambert Pekikir selaku mantan panglima KKB Papua wilayah Mamberamo Tabi.***