Dukung PON, Kemenkop Libatkan Tokoh dan Generasi Muda

4

PAPUADAILY –Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil Mikro/Menengah (UKM) bersama-sama pemerintah daerah Papua melakukan sinergi dalam mendukung penyelenggaraan PON dan Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) tahun 2021 Papua dengan melibatkan para tokoh dan anak-anak muda.

Hal tersebut diungkapkan, kata Staf Khusus Menteri Koperasi & UKM bidang Ekonomi Kerakyatan Riza Damanik di Jakarta, Sabtu (25/7/2021).

Riza mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi melalui berbagai bentuk pelatihan vokasional, perkoperasian, dan ekspor-impor.

“Kegiatan lainnya adalah dukungan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), atau Dana Bergulir melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB),” kata dia.

Lalu, sambungnya, penguatan kerjasama inkubator wirausaha dan ajang tematik Papua oleh SMESCO, termasuk operasional dan pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-UMKM).

“Kegiatan prioritas dialokasikan melalui APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) maupun DAK (Dana Alokasi Khusus) dengan nilai total Papua dan Papua Barat sekitar Rp50 miliar. Anggaran yang diberikan bersifat dana dukungan atau sinergi program tidak langsung untuk penyelenggaraan PON,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai langkah awal yang tengah berjalan, adalah penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi dan UMKM melalui beberapa kegiatan, yaitu pelatihan, pendampingan, inkubasi usaha, serta dukungan pembiayaan baik melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun dana bergulir, dan penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Papua dan Papua Barat, termasuk optimalisasi peran aktif UMKM dan koperasi dalam penyelenggaraan PON dan Papernas.***