Dua Perenang Peraih Medali Sea Games Bakal Tampil di PON XX Papua

1

PAPUADAILY –Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan menjadi ajang untuk menunjukkan prestasi bagi atlet-atlet yang kerap tampil di tingkat internasional. Dua jago renang renang ini, Siman Sudartawa dan Farrel Armandio Tangkas dipastikan bakal meramaikan PON Papua.

Farrel Armandio Tangkas, perenang yang pernah mencatatkan rekor nasional di ajang Jakarta Swimming Championship 2019 akan memperkuat Kontingen Papua. Ketika itu, Farrel mencatatkan rekor nasional di nomor 200 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 2 menit 01,16 detik.

Sebelum mencatatkan rekor nasional itu, Farrel juga sempat membuat rekor nasional di ajang SEA Age Group Filipina tahun 2018

Perenang muda ini bahkan ikut menyumbangkan medali bagi Indonesia di SEA Games Filipina 2019. Di ajang bergengsi itu, Farrel meraih medali perak di nomor 200 meter gaya punggung putra dalam usia masih 17 tahun.

“Saya menggembleng Dio (Farrel) dengan gaya yang baru yang menjadi pilihan, yaitu gaya punggung. Puji Tuhan, setelah bertanding pada nomor ini, dia langsung bisa menempatkan diri pada peringkat daerah hingga nasional,” ungkap pelatih yang pernah menangani Farrel, William Tedja Adrisurya, yang akrab disapa Koh Ayin. Dikutip Jubi.co.id.

Menurut Koh Ayin, Farrel berpeluang di nomor gaya punggung dan bisa bersaing di tingkat nasional.

Kehadiran Farrel di kontingen Papua, membuat Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Papua kian percaya diri. PRSI Papua pun menargetkan 1 medali emas dari Farrel.

Sementara perenang Siman Sudartawa mengincar tiga medali emas pada PON XX Papua 2021.

Siman yang membela Provinsi DKI Jakarta membidik emas di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung putra, serta 4 x 100 meter estafet gaya ganti putra.

Siman mengaku bahwa dirinya mewaspadai persaingan di nomor 100 meter gaya punggung putra. Farrel adalah salah satu pesaingnya.

“Ada atlet tuan rumah yang juga atlet belia. Dia juga atlet timnas,” tuturnya seperti dikutip Kompas.com.

Kelahiran Klungkung, Bali, 8 September 1994, berhasil membanggakan Indonesia dengan meraih medali emas di nomor spesialisasi gaya punggung pada SEA Games 2019, Filipina.

Ia merupakan satu-satunya peraih medali emas cabor renang di SEA Games 2019.

Namanya mulai banyak dikenal, usai mengemas empat medali emas dan sekaligus pecahkan rekor renang nomor gaya punggung putra dengan waktu 55,59 detik di ajang SEA Games 2011, Palembang.

Di PON Papua, ia juga berencana memecahkan rekor di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung putra atas namanya sendiri.***