Disorda Papua Verifikasi Hibah Peralatan PON XX di Merauke

3

PAPUADAILY – Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua melakukan pengecekan dan verifikasi atas hibah peralatan dari pemerintah untuk arena PON XX dan Peparnas XVI di Kabupaten Merauke.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa dalam siaran pers di Jayapura, Kamis, mengatakan pengecekan ini sebagai bagian dari tanggung jawab pihaknya sebagai OPD yang ditugaskan untuk mencatat aset pemprov dalam bidang olahraga dan pemuda.

“Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari serah terima hibah peralatan dari pemerintah melalui Kemenpora yang sebelumnya telah dilakukan di Jayapura pada 26 Agustus 2021,” katanya.

Menurut Alexander, pihaknya ke Kabupaten Merauke untuk memastikan bahwa peralatan yang nantinya dikirimkan ke masing-masing arena sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh setiap induk cabang olahraga dan juga sesuai dengan pengajuan yang pernah disampaikan ke Kemenpora.

“Jadi yang mengetahui kualitas dan standar peralatan dari masing-masing cabang olahraga seperti catur, sepak bola, gulat yang arenanya di Merauke ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan jadi pengprov masing-masing cabang olahraga juga hadir untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

“Setelah pengecekan ini akan ada tahapan selanjutnya yaitu serah terima aset ini kepada Pemerintah Kabupaten Merauke,” katanya lagi.

Dia menambahkan setelah serah terima aset kemudian akan dipinjam pakai kepada Sub PB PON Kabupaten Merauke untuk digunakan selama pelaksanaan PON XX.

Sekadar diketahui, pengecekan dan verifikasi ini dilakukan bersama dengan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Olahraga Pendidikan Kedeputian Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Alfredo.

Hadir juga dalam pengecekan ini Inspektorat Provinsi Papua, Biro Hukum, Biro Aset Provinsi Papua, Sub PB PON Kabupaten Merauke, Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Gulat, Catur dan Sepakbola serta Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Merauke.

Sebelumnya, pada Kamis 26 Agustus 2021 bertempat di Hotel Aston Jayapura telah dilakukan serah terima hibah peralatan untuk 26 cabang olahraga PON XX dan PEPARNAS XVI dari Pemerintah yang diwakili Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti kepada Pemerintah Provinsi Papua yang diwakili Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Alexander Kapisa.