Demokrat Nilai Golkar Sosialisasikan Airlangga Capres Agar Mesin Partai Terjaga

3

PAPUADAILY –Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat menilai sikap Partai Golkar menyosialisasikan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 adalah kewajiban. Sebab hal itu sesuai hasil Musyawarah Nasional Partai Golkar pada 2019 lalu.

“Aspirasi mendorong Pak Airlangga Hartarto untuk maju pada Pemilu 2024 nanti adalah sesuai hasil Munas Partai Golkar pada 2019 yang lalu. Artinya ini adalah rekomendasi organisasi yang wajib diikhtiarkan oleh segenap kader Partai Golkar,” ucap Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, Kamis (22/7).

Menurutnya, yang diucapkan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pangandaran agar seluruh kader menyosialisasikan Airlangga adalah bentuk ikhtiar kader dalam menerjemahkan dan menjalankan perintah organisasi yang telah ditetapkan sejak 2019 lalu.

“Ini dilakukan agar mesin partai tetap terjaga, tak terlalu lama diam. Apalagi ujung pandemi ini belum tahu entah sampai kapan,” pungkasnya.

Kamhar menilai wajar Golkar mempromosikan Airlangga di masa pandemi Covid-19. Sebab, agenda-agenda politik partai sempat tertunda setahun lebih karena Covid-19.

“Karena sejak awal 2020 kita diterpa pandemi Covid-19 berakibat pada dinamika politik dan konsolidasi partai menjadi terbatas, termasuk dalam upaya mensosialisasikan kader-kader terbaiknya guna mencapai sukses Pemilu pada 2024 nanti. Ini dialami oleh semua partai,” ucapnya.

Dia mengatakan, bagi partai Golkar dengan perolehan kursi 14,8 persen di DPR akan lebih fleksibel dalam mencari mitra koalisi. Partai Demokrat, kata dia, sangat memahami dan menghormati kebijakan internal Partai Golkar untuk mengusung Airlangga Hartarto.

“Beliau salah satu kader utama dan terbaik Partai Golkar yang potensial untuk 2024. Punya jam terbang yang memadai baik di legislatif sebagai pimpinan beberapa komisi di DPR RI maupun di eksekutif sebagai Menteri Perindustrian dan kini menjabat sebagai Menko Perekonomian,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai GolkarKabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Mohammad Taufiq, menyatakan bahwa seluruh kader Golkar diminta mulai menyosialisasikan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang. Dia pribadi siapkan arahan tersebut.

“Sebagai kader partai, saya akan ikut terus berjuang dan berupaya untuk memenangkan Airlangga di Pilpres 2024. Kerja keras dari semua pihak sangat diperlukan,” kata Taufiq dalam keterangan tertulis di Jakarta. Demikian dikutip dari Antara, Rabu (21/7).

Taufiq menegaskan, sebagai ketua DPD II Partai Golkar, berbagai cara telah dilakukan untuk lebih memperkenalkan sosok Airlangga yang juga ketua umum Partai Golkar kepada masyarakat Pangandaran.

“Konsolidasi dengan semua kader di Pangandaran sudah kita lakukan. Saya sampaikan bahwa ketua umum kita sudah siap untuk maju di Pilpres 2024, kemudian sosialisasi kepada masyarakat juga sudah dilakukan, seperti pemasangan foto billboard, baliho dan lain-lain,” jelas Taufiq.

Taufiq juga mengatakan, pihaknya juga melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah. Saat ini, lanjutnya, sedang dilakukan rapat khusus dan pemetaan, dari mulai tingkat DPD, Pengurus Kecamatan (PK) dan juga hingga Pengurus Desa (PD).

“Sambil menunggu arahan dari ketua umum, untuk langkah selanjutnya,” ujar Taufiq.

Taufiq menilai Airlangga tidak bisa diragukan lagi untuk jadi pemimpin Indonesia dan maju di Pilpres 2024. “Elektabilitasya bagus, kredibilitasnya bagus, sudah tidak diragukan lagi,” ujarnya.