Dalam Rangka Hari Noken Sedunia, Imppas Gelar Pameran Hasil Budaya Wilayah Papua Selatan

10

PAPUDAILY – Melalui momentum peringatan hari Noken sedunia yang ke-9 tahun, Ikatan mahasiswa dan pemuda Papua selatan (Imppas) menggelar pameran hasil budaya wilayahnya, mulai dari makanan hingga ukiran. Wakil Ketua III Imppas yang juga selaku Ketua panitia, Elias Ndiwaen Mahuze mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengingatkan budaya di wilayah adat Animha yakni di Papua Selatan. Wilayah Adat Animha yang dimaksud meliputi Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digoel, Asmat dan Kabupaten Mimika.

“Tujuan pameran ini untuk mengingatkan kami pemuda dari wilayah adat Animha akan budaya kami, baik itu noken hingga budaya lainnya,” kata Elias kepada Tribun-Papua.com, di Jayapura,Sabtu (4/11/2021).

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga dilakukan pada momen hari Noken sedunia, agar bisa selalu membekas untuk kaum pemuda dan mahasiswa khususnya dari wilayah Animha.

Menurut dia, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, para mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa dan pemuda Papua selatan itu memamerkan pernak-pernik budaya asli dari wilayah Animha.

“Dalam pameran ini kita sajikan budaya di Papua selatan, seperti Noken, makanan khas tradisional Papua selatan dari daerah Merauke yang disebut Sep, ukiran-ukiran dan patung dari Asmat, pokoknya semua chirikas budaya dari wilayah Animha,”ujarnya.

Lanjut dia,pameran itu terlaksana atas inisiatif para mahasiswa asal Papua selatan yang ada di kota Jayapura.

“Kegiatan pameran ini hanya kita laksanakan 1 hari ini saja, sehari Full di Asrama Merauke, Padangbulan, Abepura, Kota Jayapura,”katanya.

Tak hanya itu, menurut dia kegiatan tak hanya dilakukan di hari noken, tapi akan terus dilakukan pada setiap momen yang berkakitan dengan budaya.