Cegah COVID-19 di PON XX, 124 Relawan Prokes Kota Jayapura Gencarkan Bagikan Masker

1

PAPUADAILY –Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama 124 relawan protokol kesehatan (prokes) Kota Jayapura gencar membagikan masker sebagai bentuk penguatan masyarakat mencegah penularan COVID-19. Hal ini untuk mendukung kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di tempat-tempat yang menjadi pusat pertandingan. Kawasan pendukung di sekitarnya yang ramai aktivitas warga juga menjadi perhatian dan sasaran untuk pengendalian prokes, kata Supervisor Prokes Kota Jayapura Rus Nurhadi dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Para relawan berkumpul di posko Satgas Prokes PON XX Kota Jayapura sebelum mulai membagikan masker. Ada dari mereka yang membagikan masker melalui gerakan mobil masker.

Nurhadi mengatakan menjelang dua hari Penutupan PON XX Papua, para relawan hendaknya dapat memberikan pelayanan optimal dalam mengedukasi prokes dan pemberian masker.

“Mari kita evaluasi dalam memberikan edukasi prokes kepada masyarakat Papua, agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib Prokes, meliputi kesadaran untuk selalu meningkatkan disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ujar dia. Dikutip Antara.

Sementara itu, Yustin mahasiwa dari Universitas Cenderawasih yang bergabung menjadi relawan prokes sejak 25 September 2021 hingga sekarang mengatakan menjadi relawan prokes harus memiliki kesabaran dan optimisme. Relawan prokes tidak hanya membagikan masker, tetapi dapat menyampaikan imbauan dengan baik dan sopan kepada masyarakat untuk menerapkan disiplin prokes serta menghindari kerumunan.

“Ada beberapa orang yang menolak menggunakan masker karena belum terbiasa menyaksikan pertandingan dengan masker. Namun karena terus-menerus diedukasi prokes lama kelamaan masyarakat akan terbiasa nyaman menggunakan masker dan mentaati prokes,” ujar Yustin.

Heri salah seorang pengunjung yang sudah kelima kalinya berkunjung ke Venue Dayung mengatakan menyaksikan pertandingan saat situasi pandemi COVID-19 rasanya berbeda karena harus menggunakan masker.

“Saya kaget juga di pintu masuk sudah ada relawan yang memberikan masker, dan memberikan edukasi prokes. Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah sudah peduli dengan memfasilitasi adanya pemberian masker, sehingga mayoritas pengunjung sudah menggunakan masker dan mentaati prokes,” ujar Heri.

Berdasarkan data dari posko Satgas Prokes PON XX Kota Jayapura terhitung sejak 26 September sampai dengan 13 Oktober 2021 telah diberikan kepada masyarakat Kota Jayapura sebanyak 558.000 masker dari total 2.043.289 masker yang sudah dibagikan di empat kabupaten/kota pelaksanaan PON XX Papua.***