Cabor Selam Gelar Tes Iven di Venue Akuatik PON Papua

2

PAPUADAILY –Pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) menggelar test iven sebagai persiapan terakhir menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di venue akuatik, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (11/9/21) kemarin.

Technical Delegate (TD) cabor selam, Amir Husein, mengatakan langkah ini sebagai ajang uji coba demi mematangkan penyelenggaraan pertandingan. Pasalnya, banyak aspek yang harus perlu dikenal dan dipahami agar jalannya iven pertandingan selam kolam di venue akuatik dapat berlangsung dengan lancar tanpa kendala apapun.

“Hari ini kita gelar tes iven untuk nomor kolam, nanti pekan depan kita gelar lagi tes iven untuk nomor laut di venue depan kantor gubernur,” kata Amir kepada wartawan disela-sela pelaksanaan tes iven.

Amir mengatakan sebelum menggelar tes iven, Panitia Pelaksana (Panpel) cabor selam sudah melakukan simulasi pertandingan di kolam renang Kodam XVII Cenderawasih.

Walaupun tes iven berjalan lancar, namun Amir minta kepada bidang-bidang terkait untuk intens melakukan koordinasi, sehingga pada saat pertandingan resmi tidak ada masalah yang terjadi.

“Memang ada beberapa kendala yang kita hadapi saat melakukan tes iven, tapi itu hanya miskomunikasi antar bidang terkait,” paparnya.

Sementara itu, Ketua POSSI Papua, Gilbert Yakwart, mengatakan tes iven yang dilakukan ini sangat baik untuk kesiapan panitia maupun atlet.

“Atlet kita sudah siap memberikan prestasi terbaik bagi kontingen Papua. Seluruh atlet yang TC di pulau Jawa sudah berada di Jayapura kecuali Margaretha dan Anisa Fabiola masih berlatih di Jakarta,” ujarnya.

Gilbert memastikan POSSI Papua tetap pada target awal meraih lima emas pada PON XX 2021. Kendati demikian, ia menyebut tak menutup kemungkinan bagi cabang olahraga selam untuk menambah perolehan medali emas, di luar target yang ditetapkan sebelumnya.

Target tersebut dirasa realistis. Pasalnya, ia melihat perkembangan atlet selam Papua selama menjalani pemusatan latihan menunjukkan progres yang terus meningkat.

“Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, agar target yang kita canangkan bisa terwujud,” tutupnya.

Cabang olahraga selam pada PON XX akan bertanding di dua venue. Untuk selam perairan, akan bertanding di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, depan pantai Dok II. Sementara selam kolam akan dimainkan di venue akuatik, Kabupaten Jayapura.