BPS Papua Luncurkan Aplikasi SIMACE, Ini Fungsinya

6

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua meluncurkan aplikasi Statistical Management and Collaboration System atau SIMACE, Selasa 30 November 2021.

Kepala BPS Papua, Adriana Helena Carolina menyampaikan, aplikasi SIMACE dapat mempermudah, masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait dalam mencari informasi mengenai data.

“Ini untuk mempermudah teman-teman OPD melakukan pendataan statistik, tidak perlu datang lagi, tapi cukup dengan membuka aplikasi kami ini. Dengan satu data Indonesia, semua sudah tersedia dari aplikasi itu,” kata Adriana, Selasa pagi.

Selain OPD, aplikasi SIMACE juga dapat diakses oleh instansi lainnya yang berhubungan dengan data. “Masyarakat umum, lalu mahasiswa yang melakukan penelitian dan harus merujuk kepada satu data Indonesia juga bisa,” ujarnya.

Adriana menjelaskan, aplikasi SIMACE terintegrasi dengan semua aplikasi milik BPS lainnya, karena ini merupakan rekomendasi statistik, sehingga semua data terkoneksi. Ia pun memastikan keamanan dari data tersebut.

“Kami sendiri punya sistem keamanan data yang tidak akan kami korek dan hanya beberapa orang saja yang bisa mengaksesnya. Sampai saat ini hanya diakses oleh kami saja, (jika) ada data bocor akan ketahuan atau lacak,” kata Adriana.