BEM Nusantara: PPKM Akan Efektif Jika Bansos Sampai Ke Tangan Rakyat Bawah

3

PAPUADAILY –Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini bernama PPKM level 4 adalah kebijakan yang terpaksa harus dilakukan demi keselamatan rakyat di tengah pandemi Covid-19.

“Memang situasi PPKM Darurat ini berat untuk kita lalui, tapi ikhtiar harus dituntaskan. Keselamatan rakyat adalah yang utama,” tegas Koordinator Pusat BEM Nusantara, Eko Pratama dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/7).

Namun demikian, ia memberi catatan kepada pemerintah untuk menjamin kebutuhan masyarakat agar bisa bertahan di tengah pembatasan. Hal tersebut juga sekaligus mewujudkan tujuan utama pemerintah, yakni demi keselamatan rakyat.

Pemerintah harus memastikan bantuan sosial (bansos) tepat sasaran, percepatan vaksinasi serta memastikan masyarakat taat pada protokol kesehatan (prokes).

“Masyarakat terkhusus pekerja informal dan rakyat menengah ke bawah harus mendapatkan bansos dan obat-obatan gratis dari pemerintah. Saya juga mengajak masyarakat untuk disiplin prokes agar PPKM Darurat segera dicabut,” ajaknya.

Di sisi lain, BEM Nusantara mengaku siap untuk membantu pemerintah dalam penyaluran bansos kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kami siap bergotong royong membantu Pemerintah bersama seluruh instrumen yang ada untuk menyalurkan bantuan sosial dan obat-obatan dengan tepat sasaran,” tandasnya.