Bangga, Danau Terindah Dunia Berada Di Papua

77
Danau Paniai. Foto: https://www.semangat45.co/read-news/danau-paniai-yang-cantik-dan-alami-di-papua
Danau Paniai. Foto: https://www.semangat45.co/read-news/danau-paniai-yang-cantik-dan-alami-di-papua

Papua – Menikmati panorama alam nan indah bagi orang-ornag Indonesia tidak perlu mesti harus keluar negeri. Nusantara ini tidak pernah letih untuk memanjakan kita dengan pesona-pesona indahnya dari Sabang sampai Merauke. Terlebih di Papua, daerah timur Indonesia yang menyembunyikan panorama alam yang berkelas.

Kelasnya pun bukan hanya se-Indonesia, ada satu danau di Papua yang dinobatkan sebagai danau terindah di dunia. Namanya Danau Piniai, airnya yang terlihat segar berwarna kebiru-biruan, pasir tepi danau yang halus, dan lingkungan seputar nan asri. Semua itu diakui oleh dunia sebagai danau terindah di muka bumi ini. Pada 2007 tepatnya di sebuah Konferensi Danau Se-Dunia yang diikuti oleh 158 negara.

Sisi timur danau ini, terlihat Gunung Bobagio. Posisi gunung itu menjorok ke danau. Tengah danaunya terbentang pulau kecil bernama Mayageiya. Selatan danau ada Tanjung Kaigo. Danau Paniai terlihat dikelilingi beberapa gunung (pegunungan) seolah-olah membentuk cekungan raksasa.

Air Danau Paniai berasal dari sungai-sungai yang mengalir, Sungai Weya, Sungai Ekadide, Sungai Agadide, dan Sungai Koto. Danau ini pun terhubung dengan danau yang lain, yakni Danau Tage.

Pokoknya, dijamin betah karena suguhan pemandangan alamnya yang menawan. Atau, mau berenang serta snorkeling juga bisa. Pilihan kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan di danau seluas 14.500 hektare ini adalah diving dan menjelajah seluruh pulau kecil yang tersebar di dalamnya. Tentu, dengan perahu sewaan yang sudah disediakan.

Tidak kalah serunya di Danau Paniai adalah memancing. Di danau yang punya kedalaman rata-rata 30,3 m ini dihuni oleh banyak sekali jenis ikan. Sebut saja, misalnya: nila, mujair, mas, gabus, lele, dan sembilang hitam. Di luar itu, hewan air lain, seperti belut dan bahkan ikan hias pelangi juga terbilang sangat banyak. Serta, satu lagi, Danau Paniai ternyata juga memiliki ikan endemik yang namanya cukup unik, yakni udang selingkuh.

Meski di dataran setinggi itu di sekitar Danau Paniai tetap ada kehidupan. Ada beberapa suku asli yang sejak lama tinggal di dataran tinggi itu, mereka adalah Suku Mee dan Suku Moni. Keberadaan mereka dengan segala tradisi khasnya tentu menjadi pelengkap sekaligus penghias kehidupan alamiah di seputar danau.

Danau Paniai yang terletak di Kabupaten Paniai, secara administratif di distrik Paniai Timur, Provinsi Papua. Perjalanan Bisa ditempuh Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari kota ini ada dua jalur, untuk darat bisa sewa bus melintas jalan yang terjal dan berkelok. Sedang jalur udara dengan menaiki pesawat.

Paniai, Danau Terindah di Dunia yang Ada di Papua