Ayo Daftar! Pendaftaran Ikut Serta Event Virtual Run Kirab Sudah Dibuka

19

PAPUADAILY –Meski tidak bisa menyelenggarakan kirab api PON XX secara langsung, bukan berarti masyarakat tak bisa ikut serta. Komite Olahraga Nasional (KONI) menggelar
Virtual Run Kirab Api PON Papua dan secara resmi telah dibuka pada Rabu (1/9/2021).

Event tersebut diselerenggarakan untuk menyambut PON XX Papua 2021 yang dijadwalkan berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang.

Kirab api atau kirab obor merupakan kegiatan wajib yang sudah menjadi tradisi dalam setiap ajang multievent seperti Olimpiade dan juga PON.

Namun, kirab obor PON XX Papua 2021 kali ini tidak bisa diselenggarakan dengan sempurna mengelilingi setiap wilayah Indonesia karena pandemi virus corona.

KONI Pusat memutuskan sebagian prosesi dari kirab obor PON XX Papua 2021 diselenggarakan secara virtual.

Keputusan KONI Pusat kali ini tentu sangat menggembirakan karena masyarakat umum mendapatkan kesempatan meramaikan kirab obor PON XX Papua 2021 meskipun secara virtual.

“Karena situasi pandemi virus corona, prosesi Kirab Api PON XX Papua 2021 tidak bisa dilalukan sepenuhnya,” kata Ketum KONI Pusat, Marciano Norman. Dikutip Kompas.com.

“Melalui Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021, seluruh lapisan masyarakat bisa ikut memeriahkan PON XX Papua 2021 secara virtual,” ucap Marciano Norman menambahkan.

Sama seperti event lari virtual pada umumnya, Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 juga menjanjikan medali dan juga sertifikat untuk setiap peserta yang berhasil menyelesaikan jarak lari.

Namun, medali Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 jauh lebih spesial. Sebab, medali Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 identik alias sama persis dengan yang akan dibagikan untuk atlet terbaik atau pemenang di PON XX Papua 2021 nanti.

Tidak hanya itu, peserta Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 juga akan mendapatkan jersey yang juga identik seperti milik atlet.

Hal itu dipastikan oleh Gunawan Samiadjie selaku perwakilan penyelenggara Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021.

“Selain medali dari 37 cabor yang dipertandingkan di PON Papua, akan ada juga medali ke-38 untuk ajang lari virtual kali ini,” kata Gunawan.

“Desain medali virtual run sama seperti milik atlet PON Papua nanti. Satu hal yang membedakan hanya tulisan ‘virtual run’ di belakang medali,” tutur Gunawan.

“Mungkin kita tidak bisa menjadi atlet untuk mengikuti PON. Namun, kita bisa mendapatkan medali atlet dengan mengikuti event lari virtual ini. Itulah yang menarik dan membedakan,” ucap Gunawan menambahkan.

Terdapat empat kategori jarak lari dalam Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021, yakni 5k, 10k, 21k, dan juga 42k.

Setiap peserta mendapatkan kebebasan menyelesaikan jarak yang dipilih dengan cara satu kali lari atau beberapa kali lari (multiple run).

Adapun biaya pendaftaran setiap kategori jarak lari pada Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 hanyalah Rp 150 ribu.

Panitia penyelenggara juga memberi diskon untuk pendaftaran pada seminggu pertama setelah Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 diluncurkan menjadi hanya Rp 135 ribu.

Pendaftaran dan juga informasi lengkap mengenai Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021 bisa dilihat melalui link berikut ini: kirabapiponvr.com.

Setelah sempat tertunda selama satu tahun, PON XX Papua dipastikan akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Lebih dari 7.000 atlet dari 34 provinsi akan berpartispasi dan bersaing menjadi yang terbaik pada 37 cabor PON XX Papua 2021.***